MEDAN – HUMAS USU : PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) memberikan bantuan sarana dan prasarana untuk Universitas Sumatera Utara melalui penggelontoran dana Corporate Social Responsibility sebesar Rp 1 milyar. Serah terima bantuan tersebut dilakukan oleh Plt Direktur Bank BTN Nixon LP Napitupulu dan Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, pada Rabu (24/2/2021), bertempat di halaman depan gedung PUML USU.

CSR bDalam kesempatan itu juga turut serta dilaksanakan peletakan batu pertama (ground breaking) pembangunan taman kompleks olahraga di tempat yang sama. Bantuan CSR dari Bank BTN ini diwujudkan berupa pembangunan taman kompleks olahraga, revitalisasi taman perpustakaan dan penyempurnaan gedung C Fisip yang akan digunakan sebagai operasional USU Media.

CSR cRektor USU Dr Muryanto Amin mewakili seluruh civitas akademika USU, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT Bank BTN (Persero) Tbk, atas bantuan yang diberikan kepada USU. Rektor mengatakan, kehadiran tiga sarana dan prasarana yang dibangun melalui sumbangan dana Corporate Social Responsibility PT Bank BTN (Persero) Tbk ini, merupakan kombinasi yang saling melengkapi dari kebutuhan yang disebutkan di atas. Taman kompleks olahraga yang pembangunannya akan dilaksanakan setelah peletakan batu pertama, diharapkan dapat terwujud menjadi cikal bakal sport centre di Universitas Sumatera Utara. Sport centre ini nantinya akan menghubungkan seluruh fasilitas olahraga yang ada di Universitas Sumatera Utara dan dapat dinikmati serta dimanfaatkan, baik oleh para civitas akademika USU maupun masyarakat umum.

CSR eSelain itu, revitalisasi taman perpustakaan yang selama ini kurang diperhatikan, diharapkan dapat menjadi tambahan salah satu kawasan hijau di USU yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh mahasiswa untuk berdiskusi ataupun belajar mandiri di ruang terbuka hijau yang asri dan tentunya lebih sehat. Menciptakan USU yang lebih nyaman, hijau dan terpelihara merupakan salah satu aspek dan tanggung jawab yang tak kalah pentingnya dalam melahirkan generasi-generasi unggul USU di masa-masa mendatang.

CSR fAdapun pembangunan USU Media yang berada di Gedung C FISIP serta upaya melengkapi sarana dan prasarana bagi berjalannya program-program yang juga dibantu oleh dana CSR PT Bank BTN (Persero) Tbk ini, sesungguhnya merupakan jawaban USU terhadap kebutuhan digitalisasi informasi yang lebih cepat, akurat dan menjangkau sasaran pemirsa yang tepat di tengah masyarakat. Dengan demikian, segala hal yang ingin diketahui dan dibutuhkan khalayak terkait Universitas Sumatera Utara dapat tersedia dalam berbagai format media digital kekinian.

CSR iRektor berharap, semoga ke depan sinergi dan kerjasama yang dilakukan antara Universitas Sumatera Utara dan PT Bank BTN (Persero) Tbk semakin erat dan dapat berkembang dalam berbagai bentuk kegiatan yang lebih mendukung upaya Universitas Sumatera Utara menuju perguruan tinggi dunia.

CSR gPlt Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, Bank BTN sampai saat ini terus aktif melakukan sinergi dengan berbagai institusi, salah satunya USU. Menurutnya, laba yang didapatkan dari masyarakat harus dikembalikan lagi kepada masyarakat.

CSR h“Bank BTN pada tahun 2020 aktif melalukan bina lingkungan yang 80 persennya dialokasikan pada bidang kesehatan. Kami banyak memberikan sumbangan alat-alat kesehatan dan kebutuhan masyarakat untuk memproteksi diri di masa pandemi. Kami juga terlibat dalam membantu pembiayaan pengadaan vaksin bagi masyarakat,” kata Nixon.

CSR dPada tahun 2021, tambah Nixon, Bank BTn akan mulai memfokuskan perhatian pada kegiatan bina lingkungan di luar kesehatan. “Saat ini sektor pendidikan sangat penting untuk pertumbuhan perekonomian. BUMN harus ikut turun membangun kelangsungan dunia pendidikan,” katanya.

CSR aBank BTN, lanjut Nixon, tengah merancang untuk membuat program pendidikan developers dengan menggandeng kampus sebagai mitra kerjasama. Outputnya diharapkan dapat melahirkan para developers yang berkualitas dengan etika yang juga baik, serta dapat dikawal dengan baik.

CSR jNixon juga menyatakan akan membuat program khusus bekerjasama dengan USU dalam membangun perumahan khusus uang menggunakan layanan perbankan seperti KPR untuk dosen dan pegawai USU. Hal ini nantinya akan dibicarakan lebih lanjut dan intens dengan Rektor USU dan jajarannya.

 

Turut hadir dalam kesempatan itu Kepala Divisi Corporate Secretary Ari Kurniaman, Kepala Divisi CMFD Sahat Sihombing, Regional Office Head 4 Nurwidi Purboyo, Branch Manager BTN KC Medan Hari Purnomo, Wakil Rektor II USU Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp (OG) K, Wakil Rektor III USU Prof Drs Mahyuddin KM Nasution, MIT, Ph D dan Wakil Rektor V USU Ir Luhut Sihombing, MP. (RJ)

PetaIkonikUSU