MEDAN – HUMAS USU : Jarum jam dinding di Kantor Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (MWA USU) masih menunjukkan waktu pukul sembilan lewat beberapa menit pada Senin (8/3/2021) pagi. Udara sehangat matahari ketika sebuah mobil bercat hitam memasuki pelataran parkir dan beberapa pegawai yang bertugas serta petugas keamanan terlihat tergopoh-gopoh menyambut, bersiaga menunggu seseorang keluar dari dalam mobil tersebut.

IMG 20210308 WA0008 resize 57

Begitu pintu mobil terbuka, seorang perempuan dengan wajah ramah dan senyum yang semringah, turun dari mobil dengan anggun dan menyapa hangat orang-orang yang menyambutnya. Mengenakan gaun midi motif terusan dengan kombinasi warna deep purple dan magenta, dilengkapi aksen floppy hat anyaman yang melindungi kepalanya, membuat kesan elegan dan modis melekat kuat dalam penampilannya. Disempurnakan pula dengan sepasang sneakers yang membalut kakinya.

IMG 20210308 WA0002 resize 19

Siapakah dia? Tak lain dan tak bukan dialah Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (MWA USU), Dr Nurmala Kartini Pandjaitan Sjahrir, yang pada hari itu dijadwalkan melakukan peninjauan ke beberapa fasilitas pendukung kegiatan akademik yang berada di lingkungan fakultas di Universitas Sumatera Utara. Kehadiran Dr Kartini (begitu ia kerap disapa) menjadi pemandangan istimewa pagi itu hingga Selasa esoknya, di mana ia akan menghadiri beberapa agenda yang selaras dengan kapasitasnya sebagai Ketua MWA USU periode 2020-2025.

IMG 20210308 WA0003 resize 10

Bersama-sama dengan Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, Sekretaris MWA Prof dr Guslihan Dasatjipta, Sp A (K) dan para anggota MWA USU lainnya, perempuan yang pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Uruguay itu berjalan dengan santai dan lincah di sepanjang kegiatan. Peninjauan diawali dari Fakultas Ilmu Budaya, dilanjutkan ke Perpustakaan USU, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam serta Fakultas Kedokteran sebagai penutup.

IMG 20210308 WA0006 resize 56

Di Fakultas Ilmu Budaya, Ketua MWA diterima oleh Dekan FIB Dr Budi Agustono dan jajarannya. Peninjauan meliputi fasilitas ruangan yang akan difungsikan menjadi laboratorium bahasa serta kondisi umum yang ada di fakultas tersebut. Di tempat itu, Dr Nurmala Kartini menyempatkan diri berdiskusi kecil dengan Dekan FIB USU terkait pengadaan sarana dan prasarana laboratorium bahasa. Ia juga mengunjungi gedung Prodi Ilmu Perpustakaan S1 dan Prodi D-III Perpustakaan yang membutuhkan renovasi.

IMG 20210308 WA0000 resize 84

Dari FIB, rombongan Ketua dan anggota Majelis Wali Amanat USU beserta Rektor meneruskan peninjauan ke Perpustakaan USU yang hanya berjarak beberapa tombak dari gedung FIB. Di sana, Dr Kartini disambut oleh Kepala Perpustakaan USU Dr Jonner Hasugian beserta jajaran dan meninjau Sjahrir Corner Collection atau Pojok Buku Dr Sjahrir, salah satu fasilitas layanan andalan dari Perpustakaan USU. Dr Sjahrir Corner Collection ini memiliki 1.999 judul dan 2.038 eksemplar buku-buku koleksi pribadi ekonom dan politisi terkenal Alm Dr Sjahrir, yang tidak lain adalah suami dari Dr Kartini. Buku-buku tersebut dapat diakses dengan menggunakan penelusuran melalui sistem Online Public Acses Catalogue (OPAC) USU Library di mana pengunjung dapat menemukan buku yang dicari dengan lebih cepat dan mudah.

IMG 20210308 WA0009 resize 32

Dari perpustakaan, rombongan melanjutkan peninjauan ke F-MIPA. Di lokasi ini Dr Kartini diterima oleh Dekan F-MIPA USU Prof Dr Kerista Sebayang, MS beserta jajarannya. Ketua MWA dibawa mengunjungi lokasi laboratorium kimia organik dan anorganik yang tinggal puing-puing terlantar sebagai akibat dari kebakaran yang terjadi di tahun 2006. Dalam kesempatan itu, Prof Kerista menyampaikan harapannya kepada Ketua MWA USU agar laboratorium tersebut dapat segera dibangun pada tahun 2021 ini guna mendukung kegiatan akademik di lingkungan fakultas yang dipimpinnya.

IMG 20210308 WA0005 resize 39

“Kami berharap, laboratorium kimia ini beserta gedung kuliah dan gedung administrasi F-MIPA USU yang sudah direncanakan pembangunnya dapat direalisasikan pada tahun ini juga,” kata Dekan F-MIPA USU. Dr Kartini merespon positif harapan yang disampaikan Prof Kerista dan berjanji akan membantu terwujudnya rencana tersebut.

IMG 20210308 WA0004 resize 16

Sebagai penutup kegiatan peninjauan lapangan berakhir di Fakultas Kedokteran USU. Di sini rombongan Ketua MWA USU menjenguk Gedung Laboratorium Farmakologi USU yang pembangunannya terbengkalai serta rencana renovasi Gedung Serbaguna Prof Ildrem. Ketua MWA USU menyatakan akan segera berkoordinasi dengan Rektorat untuk menyelesaikan seluruh hal-hal yang berkaitan dengan kelancaran kegiatan akademik dan harus diselesaikan dengan cepat. (RJ)

PetaIkonikUSU