MEDAN - HUMAS USU : Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (USU) menyelenggarakan Kuliah Umum yang mengambil tema “Peran Pascasarjana dalam Menaikkan Ranking Universitas” pada Senin (8/3/2021) secara virtual. Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa baru pascasarjana USU dan dihadiri oleh Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, Direktur Sekolah Pascasarjana USU Prof Dr Robert Sibarani, MS, serta beberapa Guru Besar USU.

 

Dalam sambutannya, Direktur Sekolah Pascasarjana USU menekankan bahwa publikasi ilmiah dari mahasiswa pascasarjana ke depannya sangat penting untuk menaikkan ranking universitas. “Saat ini kita sudah menerapkan bagaimana agar mahasiswa setidaknya dapat menerbitkan satu artikelnya pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus untuk jenjang S3 dan menerbitkan artikel pada prosiding terindeks Scopus untuk jenjang S2. Tentu hal ini dapat meningkatkan ranking kampus dengan semakin banyaknya jumlah publikasi pada jurnal maupun prosiding terindeks”, kata Robert.

IMG 20210309 WA0000 resize 15

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor USU dalam materi yang disampaikan. Berbicara mengenai World Class University (WCU), Rektor USU berharap banyak pada peran mahasiswa pascasarjana. Disebutkan dalam presentasi yang disampaikan bahwa riset dan inovasi yang digagas oleh mahasiswa pascasarjana akan mendorong universitas untuk mencapai sustainable campus.

 

“Berbeda dengan mahasiswa S1, mahasiswa S2 dan S3 berkutat dalam usaha untuk memperkuat keilmuannya serta membangun jejaring. Sehingga dalam upayanya tersebut, diharapkan muncul gagasan riset dan inovasi yang dapat menyelesaikan persoalan yang berkembang saat ini. Alhasil, riset dan inovasi tersebut dapat menyentuh masyarakat dari segi peningkatan teknologi maupun keadaan sosial sehingga terwujud sustainable campus yang terus berkembang," kata Muryanto.

 

Peserta yang berjumlah 300 orang terlihat antusias dengan kegiatan tersebut dan ikut berdialog melalui sesi tanya jawab yang diarahkan oleh moderator, Dr Agus Purwoko, S Hut, M Si. Kegiatan ditutup dengan foto bersama melalui tangkapan layar. (Ronny/RJ)

PetaIkonikUSU