MEDAN - HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, memaparkan pengembangan Kampus II USU Kwala Bekala, Deliserdang di hadapan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan di Rumah Dinas Gubsu, Senin (8/3).

 

Rektor mengatakan, perkembangan jumlah mahasiswa USU dalam satu dekade terakhir, lebih dari 30.000 orang pada tahun 2007, dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2021 telah mendorong USU untuk mengupayakan pengembangan lahan kampus sebagai perluasan dari lahan Kampus Padang Bulan.

 

"Saat ini kampus kedua yang berlokasi di Kwala Bekala, sekitar 15 km dari kampus Padang Bulan, dengan luas 300 ha atau hampir tiga kali luas kampus Padang Bulan telah dipersiapkan dan pembangunannya dilakukan secara berkelanjutan," ujarnya.

 

Rektor menjelaskan, kondisi lahan Kampus Kwala Bekala saat ini telah dipagar keliling dengan tembok dan saat ini digunakan sebagian sebagai arboretum-hutan pendidikan, pembenihan kelapa sawit, kebun bunga dan hortikultura, peternakan dan pembuatan waduk.

IMG 20210309 WA0006 resize 36

Kampus Kwala Bekala dikembangkan sebagai kampus yang humanis (nyaman, aman dan menyenangkan, berskala pejalan kaki), hemat energi, sehat dan ramah lingkungan, serta mencerminkan visi USU sebagai “U for I” (University for Industry). Selain itu, kampus ini direncanakan akan menampung aktivitas akademik, sosial dan industri dalam Zona Akademik dan Laboratorium Terpadu, Zona Pendukung (club house, komersial, fasilitas umum dan fasilitas sosial), Zona Arboretum-Hutan Pendidikan, Zona Pembenihan Sawit dan Zona Peternakan.

 

"Kampus Kwala Bekala juga memiliki rencana tata bangunan dan lingkungan (RTBL) yang dituangkan dalam rencana induk yang berfungsi sebagai pedoman dan pengendali pembangunan dan pemanfaatan ruang yang khusus berlaku pada kampus ini dapat terkendali dan selaras, sehingga tidak memperburuk kualitas lingkungan," ujarnya.

 

Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan pihaknya akan mendukung program pembangunan Kampus Kwala Bekala. Ia berharap Kampus Kwala Bekala dilengkapi dengan fasilitas olahraga sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar.

 

"Saya mendukung kawasan yang berkembang dan berkelanjutan ini. Pemprovsu akan mendukung percepatan pembangunan Kampus Kwala Bekala. Kalau pembangunan cepat selesai, tentu akan cepat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat sekitar," ujarnya.

 

Turut hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama Holding PTPN III M Abdul Ghani, Direktur PTPN II Irwan Perangin-angin, Direktur Pelaksana PTPN III Ahmad H Saragih, Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, Direktur Utama PT Ciputra Ir Harun Hajadi dan lainnya. (BR)

PetaIkonikUSU