MEDAN-HUMAS USU : Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (MWA USU) Dr Nurmala Kartini Panjaitan Sjahrir melantik lima Wakil Rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026, Selasa (9/3/2021). Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah jabatan digelar secara luring di Gelanggang Mahasiswa Kampus USU Medan.

WR 2021 eKelima Wakil Rektor USU tersebut adalah Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, Wakil Rektor II Muhammad Arifin Nasution, S Sos, M SP, Wakil Rektor III Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Wakil Rektor IV Prof Dr Drs Opim Salim Sitompul, M Sc dan Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing, MP. Kelima pejabat yang akan mendampingi Rektor Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, selama lima tahun masa kerjanya tersebut, sebelumnya diputuskan dalam rapat pleno MWA USU yang dilaksanakan pada satu hari sebelumnya, Senin (8/3/2021).

 

Dalam sambutannya, Ketua MWA USU menyampaikan ucapan selamat kepada para wakil rektor USU yang baru dilantik. Ia berpesan agar para wakil rektor dapat bekerjasama dengan rektor dan mencurahkan seluruh waktu serta energinya dalam membangun kehidupan kampus yang sehat, juga menjadikan USU sebagai universitas terkemuka.

WR 2021 bDr Nurmala Kartini juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para wakil rektor USU periode 2016-2021 yang telah membawa banyak kemajuan bagi USU.

 

“Bagi para wakil rektor yang baru dilantik saya ingin berpesan, bahwa kerja ke depan cukup berat untuk membangun yang siap berkompetisi di lingkup nasional dan internasional. Mengucapkan tekad dan janji ini gampang. Namun implementasinya tentu tidak semudah itu. Harus bekerja keras dan jatuh bangun dalam mewujudkannya. Maka saya menamakan tim yang dipimpin oleh rektor dan para wakil rektor ini sebagai ‘Dream Team’, yang akan mejadikan USU sebagai universitas yang maju dan patut dibanggakan,” katanya.

 

Ketua MWA USU juga mengingatkan bahwa seluruh tim harus bergandengan tangan dan bahu-membahu membangun universitas serta menghargai setiap perbedaan yang ada.

WR 2021 c“Perbedaan penting untuk meningkatkan kreativitas dan memajukan universitas. Keragaman berpikir dibutuhkan untuk menghasilkan terobosan besar. Kita harus bisa membangun integritas dan inisiatif dalam koridor yang positif. Jangan kubu-kubuan, jangan ada unsur like or dislike, namun sesuaikan semuanya dengan kebutuhan universitas,” tandasnya.

 

Dalam sesi wawancara seusai pelantikan, Rektor USU Muryanto Amin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur dan SDM yang tepat dalam menjawab persaingan global.

 

"Beragam capaian telah diraih USU, sehingga yang perlu diperhatikan adalah perkembangan dunia dan kemajuan teknologi yang dahsyat,” ujarnya.

WR 2021 dRektor mengajak seluruh sivitas USU untuk bergandeng tangan membawa USU meraih reputasi internasional. Menurutnya jika USU ingin tampil di kancah internasional, maka perlu membangun image positif tentang USU.

 

“Kualitas perguruan tinggi bisa diwujudkan dengan meningkatkan jumlah penelitian dari para dosennya. Karena dengan begitu, tidak akan ada omong kosong dalam perkuliahannya. Berhentilah untuk saling bersaing. Yang dibutuhkan itu adalah saling berkolaborasi dan bekerjasama,” tandasnya.

WR 2021 fMenurut Rektor, saat ini sudah waktunya USU bersaing secara global bukan lagi bersaing dengan sesama perguruan tinggi di Indonesia. Ia berharap pelantikan ini dapat menjadi langkah awal bagi USU melangkah ke tingkat internasional.

 

“USU memang masih jauh dari World Class University, tapi saya optimis dengan kerja sama yang baik USU akan melangkah ke sana,” tegas Mury.

 

Turut hadir dalam pelantikan tersebut Walikota Medan Bobby Afif Nasution, Kadis Pendidikan Sumut Prof Wan Syaifuddin, Mantan Gubsu Syamsul Arifin dan para tokoh masyarakat lainnya. (RJ)

PetaIkonikUSU