MEDAN-HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara Dr Muryanto Amin menyebutkan, upaya peningkatan akreditasi universitas, kemandirian universitas dan campur tangan pemerintah berperan besar dalam menentukan capaian universitas. Hal tersebut disebutkan Rektor dalam sambutannya pada pelantikan 22 pimpinan lembaga dan satuan kerja di lingkungan USU, Senin (15/3/2021).

Analog 1“Ada universitas yang masuk dalam kuadran Champion University. Ini menunjukkan bahwa pemerintah memiliki peran besar dalam pengelolaan kampus hingga proses akreditasi. Beda dengan kita, USU merupakan PTNBH yang diamanahkan untuk dapat melakukan inovasi sendiri dan pemerintah lepas tangan dalam pengelolaan universitas. Itu sebabnya kita masuk ke dalam kuadran Industry University,” sebutnya.

 

Rektor menambahkan bahwa seluruh upaya yang akan dilakukan nantinya akan bermuara dalam satu langkah besar yaitu digitalisasi kampus. Rektor berharap agar USU ke depannya dapat menerapkan sistem digital sehingga terwujud efisiensi dan efektifitas kerja.

Analog 3“PSI sebagai leading sector saya harapkan setidaknya satu tahun ke depan dapat mewujudkan peralihan sistem dari analog menuju digital di USU,” kata Rektor USU.

 

Ditambahkan oleh Rektor USU bahwa sebelum hal tersebut dilaksanakan, kita harus memiliki mindset terbuka bahwa sistem digital akan membantu dan meningkatkan kinerja di lingkungan USU.

 

“Namun, jauh lebih penting bukanlah mempersiapkan infrastrukturnya, melainkan mindset kita bahwa sistem digital akan meningkatkan efisiensi kinerja. Saya pernah terapkan ini di FISIP, digitalisasi tersebut menjadi pro kontra selama 6 bulan pertama. Tetapi setelahnya seluruh civitas akademika di sana dapat merasakan manfaatnya. Ini menunjukkan bahwa mindset itu lebih penting terlebih dahulu kita ubah. Kalau masalah infrastrukturnya, itu bisa kita lengkapi semua” tambahnya.

Analog 2Dalam kegiatan tersebut, Rektor USU melantik Prof Ir T Sabrina, M Agr Sc., Ph D sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana USU dengan Prof Dr Ir Evawany Yunita Aritonang, M Si dan Prof Dr Ir Hamidah Harahap, M Sc sebagai Wakil Direktur I dan II Sekolah Pascasarjana USU. Prof Dr Robert Sibarani, MS, dilantik sebagai Ketua Lembaga Penelitian USU dengan Sekretaris Lembaga Penelitian USU Prof Dr Syafruddin Ilyas, M Biomed. Prof Dr Tulus, Vor Dipl Math, M Si, Ph D dilantik sebagai Ketua Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat USU bersama Meutia Nauly, S Psi , M Si, Psikolog sebagai Sekretaris Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat USU. Rahmi Syaflida, drg, Sp BM dilantik sebagai Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU dan Gostry Aldica Dohude, drg, Sp BM serta Kholidina Imanda Harahap, drg, M DSc sebagai Wakil Direktur I dan II Rumah Sakit Gigi dan Mulut USU. Muhammad Anggia Muchtar, ST, MMIT dilantik sebagai Pusat Sistem Informasi USU bersama Dani Gunawan, ST, MT sebagai Wakil Kepala Pusat Sistem Informasi USU. Laila Hadri Nasution, S Sos, MP dilantik sebagai Kepala Perpustakaan USU dengan Sundari S Sos Wakil Kepala Perpustakaan USU. Dra Roma Ayuni Aminoeddin Loebis, MA dilantik sebagai Kepala Pusat Bahasa USU dan Prof Dr Timbangen Sembiring, M Sc sebagai Kepala Laboratorium Ilmu Dasar USU. Dr Dr Isti Ilmiati Fujiati, M Sc, CMFM, M Pd, Ked, dilantik sebagai Ketua Unit Manajemen Mutu USU bersama Farida Linda Sari Siregar, S Kep, Ns, M Kep sebagai Sekretaris Unit Manajemen Mutu USU. Prof Dr Dwi Suryanto M Sc dilantik sebagai Ketua Unit Pengembangan Pendidikan USU bersama Ely Hayati Nasution, SS, M Si sebagai Sekretaris Unit Pengembangan Pendidikan USU, Amalia Meutia, M Psi, Psikolog, dilantik sebagai Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler USU serta Aisyah, SE, M Si, dilantik sebagai Kepala Kantor Arsip USU.

 

Turut dalam pelantikan tersebut dihadiri oleh Majelis Wali Amanat USU, Dewan Guru Besar USU, Senat Akademik USU, para Wakil Rektor USU, para Dekan dan Wakil Dekan di lingkungan USU, serta keluarga dari pejabat yang dilantik. (RR/RJ)

PetaIkonikUSU