MEDAN – HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) membuka kesempatan yang sangat luas bagi Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara untuk melakukan penelitian bersama, ataupun kegiatan kolaborasi lainnya yang dimungkinkan. Untuk merealisasikannya, USU menunggu dari LL Dikti Wilayah I Sumut untuk pengajuan nama PTS selanjutnya.

LLDikti cRektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, menyatakan hal itu dalam kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan antara USU dengan LL Dikti Wilayah I Sumut, Selasa (16/3/2021). Kegiatan digelar di Rumah Dinas Rektor USU jalan Universitas No.44 Medan, di mana beberapa waktu sebelumnya telah dilakukan MoU antara USU dengan UMSU.

LLDikti d“USU dan LL Dikti juga selanjutnya bisa membuat topik bersama untuk kegiatan webinar, yang nantinya akan menstimulus untuk terlaksananya kerjasama dengan pihak industri dalam rangka implementasi Kampus Merdeka,” kata Rektor berusia 47 tahun itu.

LLDikti fDipaparkannya, selama beberapa waktu ke depan ia akan berbicara dengan berbagai pihak, seperti PTPN dan Inalum untuk menjajaki kemungkinan kerjasama tersebut serta menyiapkan modulnya secara mendetail. “Saat ini kita tak bisa lagi lepas dengan dunia industri. Setelah terlaksananya MoU nanti akan disusul dengan tindak lanjut yang lebih komplit,” tandasnya.

LLDikti gKepala LL Dikti Wilayah I Sumut Prof Dr Ibnu Hajar, M Si, dalam kesempatan itu menguraikan seputar permasalahan dan problematika yang dihadapi oleh LL Dikti. Khususnya terkait keterbatasan anggaran yang dimiliki LL Dikti dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi swasta di Sumut. Sementara beban yang harus ditanggung cukup berat dan kompleks.

LLDikti a“Saat ini terdapat 120 prodi yang bermasalah dan memerlukan uluran tangan segera. Masalah banyak, dana pas-pasan. Maka perlu akselerasi. LL Dikti dalam hal ini berupaya untuk membangun kerjasama antara PTS yang mampu dengan yang kurang mampu dan tidak mampu,” tandas Prof Ibnu Hajar.

LLDikti eIa mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas respon yang sangat baik telah ditunjukkan oleh Rektor USU serta mendukung LL Dikti dalam memajukan PTS.

LLDikti bTurut hadir mendampingi Sekretaris LL Dikti Dr Mahriyuni, M Hum, beserta jajaran pejabat LL Dikti lainnya. Sementara dari USU hadir di antaranya Wakil Rektor III Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, MSi, Apt, Staf Ahli Wakil Rektor III Siti Salmiah, drg, Sp KGA, Ka Biro Kerjasama Surya Darma, S Sos, Kahumas Amalia Meutia, M Psi, Psikolog. (RJ)

 

PetaIkonikUSU