MEDAN-HUMAS USU : Universitas Sumatera Utara (USU) mendukung pengembangan desa di Kabupaten Padanglawas. Bentuk dukungan itu akan tertuang dalam perjanjian kerja sama antar dua lembaga.

Pd Lawas jRektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, mengatakan sinergi pengembangan daerah antara Pemkab Palas, Pemprov Sumut dan USU harus lebih ditingkatkan.

 

"Jadi kalau selama ini sudah ada desa yang dibina, Desa Pertanian Berteknologi seperti di Desa Sayur Matua, Kecamatan Barumun itu harus dipertahankan. Ke depan harus ditularkan ke desa-desa lainnya," ujar Mury saat berdiskusi dengan Bupati Padanglawas Ali Sutan Harahap bergelar Tongku Sutan Oloan (TSO) di Rumah Dinas Rektor, Rabu (16/3).

Pd Lawas aDidampingi Wakil Rektor III Dr Poppy Anjelisa Z Hasibuan, Rektor USU berharap MoU yang dibuat dilengkapi dengan tugas dan fungsi masing-masing stakeholder sehingga menghasilkan kebijakan yang berkesinambungan.

 

"Sekarang yang sedang populer itu kan desa wisata, jadi itu bisa kita kembangkan juga. Desa wisata kini menjadi hits karena orang butuh refreshing," ujar rektor.

Pd Lawas dBupati Padanglawas TSO berterimakasih atas sambutan dan antusias Rektor USU dalam upaya pengembangan desa binaan di Palas. Menurutnya, kerja sama ini penting karena akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

 

"Kalau ekonomi masyarakat desanya sudah baik, tentu pembangunan kabupatennya jadi lebih baik. Palas saat ini memiliki 300 an lebih desa, diharapkan dengan kerja sama yang dilakukan mampu membina desa lebih baik lagi," ujar TSO.

Pd Lawas kDosen MIPA USU, Dr Tulus Ikhsan Nasution yang turut mendampingi Bupati TSO menjelaskan, selama ini dirinya melakukan pembinaan Desa Pertanian Berteknologi di Desa Sayur Matua.

 

"Teknologi yang diterapkan di desa itu menggunakan listrik tenaga surya dan turbin. Selain ramah lingkungan, juga bisa menghemat energi," ujarnya.

Pd Lawas hSelain pengembangan desa, ia juga membina Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Baru setahun dibina, BUMDes Sayur Matua telah dinobatkan sebagai BUMDes terbaik tingkat provinsi.

 

Turut hadir dalam pertemuan itu, Staf Ahli Bidang Kerja Sama Siti Salmiah Sp.KGA, Kepala Desa Sayur Matua, Sekretaris Dinas PMD Faisal Siregar dan lainnya. (BR)

PetaIkonikUSU