MEDAN - HUMAS USU: Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, menerima delegasi USU peraih medali emas pada lomba 1Idea 1World Challenge dan 1Idea 1World Online Competition, Selasa (23/3/2021), di Ruang Wakil Rektor I USU.

DelegasiEmas bLima mahasiswa USU yaitu Billy Affandie Rizal, mahasiswa Prodi Sastra Melayu 2018, Salsabilla Kobis mahasiswa Farmasi 2018, Marta Julisa Lubis, mahasiswa Ilmu Hukum 2018, Arnita Sari Siagian mahasiswa Manajemen Sumber Daya Perairan 2018 dan Nafindo Purba mahasiswa Agribisnis 2017 meraih 2 medali emas pada kompetisi yang diselanggarakan oleh TUMMIAD Turkish Inventors Association, asosiasi peneliti Turki. Lomba diselenggarakan pada 23-28 Februari 2021 secara daring.

 

Didampingi Staf Ahli Wakil Rektor I, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe, SE, M Si, Wakil Rektor I mengucapkan selamat atas pencapaian yang telah diraih.

DelegasiEmas d“Saya ucapkan selamat atas keberhasilan adik-adik mahasiswa yang telah mengharumkan nama USU di tingkat internasional. Semoga hal ini menjadi trigger bagi mahasiswa lainnya juga untuk terus berkarya dan mengharumkan nama USU ditingkat nasional maupun internasional,” sebut Wakil Rektor I USU.

 

Dr Edy Ikhsan menyebutkan USU mengapresiasi seluruh capaian mahasiswa yang telah membawa harum nama USU. Menurutnya, hal ini dapat mendorong upaya untuk meningkatkan kreativitas dan kegiatan mahasiswa.

DelegasiEmas e“Kita mengharapkan bahwa atmosfer dan suasana mahasiswa USU itu berpacu untuk menorehkan prestasi setinggi-tingginya. Di sini saya juga sudah mempercayakan Pak Doly sebagai staf ahli bidang kreativitas mahasiswa untuk dapat menggenjot mahasiswa untuk semakin bersemangat dalam meraih prestasi,” sebut Edy.

 

Edy Iksan menjelaskan, selama ini proses pembinaan dan dukungan terhadap mahasiswa perlu untuk ditingkatkan. Pembinaan secara terstruktur dan baik dapat memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan dirinya.

 

“Ini menjadi pekerjaan rumah untuk Wakil Rektor I untuk menyusun dan membuat program yang baik dalam urusan pembinaan mahasiswa agar semakin berprestasi. Saya menyiapkan bagaimana agar semua ini by design, sehingga semua mahasiswa dapat berkesempatan untuk berprestasi,” tambahnya.

DelegasiEmas aDoly Muhammad Jafar Dalimunte yang berada di ruangan tersebut juga mengajak delegasi yang meraih prestasi tersebut untuk berkontribusi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) serta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas). Menurutnya, delegasi USU yang sudah juara di tingkat internasional dapat meraih prestasi juga di tingkat nasional.

 

“Dari data saya lihat, banyak mahasiswa USU yang juara pada ajang internasional dan meraih medali emas. Namun, saat PKM dan Pimnas, mahasiswa USU tidak terlalu banyak berkontribusi serta kita tidak dapat berbicara banyak di tingkat nasional,” sebut Doly.

 

Sebagai Staf Ahli Bidang Kreativitas Mahasiswa, Doly akan menggenjot mahasiswa USU untuk terus berkarya. Di samping itu, ia akan memetakan seluruh kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa agar dapat memberikan dampak signifikan untuk pemeringkatan USU.

DelegasiEmas c“Kompetisi yang menjadi agenda Kemdikbud menjadi prioritas utama kita agar dapat memberikan dampak pada pemeringkatan. Oleh karenanya, kompetisi di luar negeri juga akan kita tinjau sejauh mana memberikan dampak untuk pemeringkatan,” ujar Doly.

 

Doly menambahkan, sejalan dengan program Wakil Rektor I yang akan menyelenggarakan pembinaan mahasiswa terstruktur dan terencana, maka ke depannya USU dapat menetapkan target prestasi yang akan dicapai setiap tahunnya. (RR/RJ)

PetaIkonikUSU