MEDAN-HUMAS USU: Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, terus melakukan upaya untuk meningkatkan pemeringkatan USU baik secara nasional maupun internasional. Persiapan pemeringkatan USU tersebut membutuhkan kesiapan dari setiap aspek yang dibutuhkan, termasuk peningkatan produk inovasi.

 

Dalam rapat koordinasi dengan Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS) USU di Ruang Rektor USU, Rabu (31/3/2021), Rektor USU menyebutkan produk inovasi yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa harus ditingkatkan. Produk inovasi tersebut memberikan dampak langsung terhadap pemeringkatan USU.

IMG 20210331 WA0036 resize 38

“Produk inovasi itu sudah menjadi hal wajib dalam proses pemeringkatan. Sebagai lembaga pendidikan, USU harus menghasilkan banyak produk inovasi. Dari banyaknya komponen pemeringkatan, produk inovasi menjadi salah satu yang utama,” sebut Rektor USU.

 

Rektor USU menyebutkan peran LINKS USU untuk mengelola serta memfasilitasi dosen dan mahasiswa untuk berinovasi. LINKS mejadi lembaga untuk mendampingi serta membantu dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan produk inovasi.

 

“LINKS USU saya harap bisa lebih gencar untuk membantu dosen dan mahasiswa yang memiliki produk inovasi. Sebagai sebuah lembaga, LINKS USU berperan menjadi jembatan agar produk tersebut dapat dihasilkan dengan baik serta dapat dipasarkan,” kata Rektor USU.

IMG 20210331 WA0035 resize 70

Berbicara mengenai pemasaran, Rektor USU menginstruksikan agar segera seluruh produk inovasi yang sudah ada saat ini agar dapat ditampilkan agar menjadi motivasi kepada dosen dan mahasiswa untuk terus berinovasi. Selain itu, dengan menampilkan produk inovasi yang ada ini akan memungkinkan investor untuk tertarik membeli produk tersebut.

 

“Segera seluruh produk itu untuk di-display, agar dapat menjadi daya tarik investor. Selain itu juga segera masukkan katalog inovasi kita ini ke e-katalog dari Pemko Medan, agar dapat diketahui oleh banyak orang,” katanya.

 

Sebagai wadah untuk menampilkan produk inovasi, e-katalog diyakini mampu meningkatkan pemasaran dari produk inovasi USU. Selain itu Ia juga mempersiapkan agar perusahaan yang dimiliki oleh USU; PT Pembangunan Almamater Sejahtera (PT PAS) dapat memasarkan produk inovasi yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa USU.

IMG 20210331 WA0034 resize 56

Dalam pertemuan tersebut ia juga menyebutkan akan menyediakan sarana dan prasarana serta fasilitas yang dibutuhkan oleh LINKS USU untuk menunjang kinerjanya. Hal ini merupakan upaya meningkatkan kualitas LINKS USU agar sesuai dengan standar lembaga inkubator yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

“Saya akan memantau fasilitas yang ada di LINKS USU agar dapat menunjang upaya pendampingan serta membantu dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan produk inovasi mereka. LINKS USU juga harus sesuai standar lembaga inkubator yang ditentukan,” tambahnya.

 

Hadir dalam pertemuan itu, Wakil Rektor III USU, Dr Poppy Anjelisa Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Sekretaris Senat Akademik USU, Romi Fadhillah Rahmat BComp MSc, serta Staf Ahli Rektor Prof Dr Eng Himsar Ambarita, ST, MT, serta Ketua LINKS USU, Ir Lilis Sukeksi, M Sc,Ph D, beserta rombongan. (RR)

PetaIkonikUSU