MEDAN-HUMAS USU: Universitas Sumatera Utara (USU) memulai kerja sama dengan Pemerintah Kota Medan, yang diawali dengan menetapkan setidaknya tiga program yang telah disepakati bersama. Penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) oleh Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, dengan Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution, SE, MM, menjadi titik awal dilakukannya perjanjian tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Medan yang begitu terbuka untuk menjalin kerja sama dengan USU. Ini merupakan langkah baru bagi USU dan Pemko Medan untuk menciptakan suasana kerja sama yang lebih bermanfaat dan berdampak bagi masyarakat Medan khususnya,” sebut Rektor USU saat acara penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou), Kamis (1/4/2021) di Ruang Rektor USU.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 17.08.28

Dalam sambutannya, Rektor USU menyebutkan penandatanganan MoU ini menjadi cikal bakal untuk kerja sama lainnya. Saat ini, ia memaparkan ada tiga bentuk kerja sama yang menjadi awal untuk lahirnya kerja sama lainnya ke depan.

“Hari ini kita menandatangani MoU, artinya kita sudah sepaham untuk melakukan kerja sama lebih intens ke depannya. Hari ini setidaknya ada tiga kerjasama yang telah kita sepakati sebagai hasil diskusi antara USU dengan Pemko Medan,” kata Rektor USU.

Tiga kerja sama yang disebutkan oleh Rektor USU merupakan kerja sama dengan latar belakang berbeda. Kerja sama yang pertama merupakan pengaplikasian Program Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui Kampus Mengajar yang akan diluncurkan oleh USU.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 17.08.27

“Sebagai bentuk kerja sama di bidang pendidikan, USU akan meluncurkan program Kampus Mengajar yang dikolaborasikan dengan program Revitalisasi Pendidikan yang diupayakan oleh Walikota Medan. Tim kita akan berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Medan untuk membicarakan teknisnya nantinya”, tambahnya.

Selain bekerja sama di bidang pendidikan, USU juga menjalin kerja sama dalam bidang kesehatan dengan menggandeng Rumah Sakit Pirngadi Medan sebagai mitranya. Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang selama ini dijalankan USU di Rumah Sakit H Adam Malik akan diupayakan juga diselenggarakan di Rumah Sakit Pirngadi Medan.

“Disini sudah hadir Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran USU untuk nanti dapat melakukan komunikasi dengan Direktur Rumah Sakit Pirngadi Medan. Selain membahas mengenai PPDS, harapannya kerja sama yang dilakukan akan semakin meluas,” ujar Dr Muryanto Amin.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 17.08.26 1

Lebih lanjut, Rektor USU juga menyebutkan akan menyusun program khusus untuk penerimaan mahasiswa. USU akan membuka jalur penerimaan melalui jalur prestasi, yaitu dengan menerima Juara MTQ Kota Medan menjadi mahasiswa USU. “Kerja sama ini akan memudahkan kita nantinya. Oleh karenanya, saya sedang siapkan jalur khusus untuk Juara MTQ Kota Medan agar dapat masuk ke USU melalui jalur prestasi. Ini penting untuk menjadi motivasi,” sebutnya.

Rektor USU menyebutkan beberapa kerja sama lainnya juga sedang dipersiapkan untuk masuk ke tahap penyamaan persepsi agar dapat dijalankan. Kerja sama tersebut dalam hal Pengelolaan Sampah Terpadu dan Pengelolaan Aset Kota Medan.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 17.08.26

Walikota Medan mengatakan, ia berharap banyak atas kerja sama yang dilakukan. Ia meyakini ini akan menjadi semangat baru bagi dirinya sendiri untuk melakukan perubahan di Kota Medan melalui program yang telah ditetapkan.

“Ini menjadi semangat baru untuk bersinergi antara Pemko Medan dan USU. Waktu pelantikan kami tidak terlalu jauh waktunya, sehingga ini menjadi titik awal bagi saya dan Rektor USU untuk menjalin kerja sama yang lebih intens ke depannya,” kata Walikota Medan.

Bobby Nasution menyadari kerja sama dengan USU sangat penting untuk meningkatkan pembangunan di Kota Medan. Ia menyebutkan banyak hal yang dapat dikerjasamakan dengan USU agar pembangunan di Kota Medan berdampak nyata bagi masyarakat.

“Peran USU penting bagi kami sebagai mitra, agar program yang kita kerjakan dapat berdampak kepada masyarakat secara luas. Saya sering berdiskusi dengan Pak Rektor mengenai upaya pencapaian target Kota Medan ke depannya. Pak Rektor ini orang yang hebat dan luar biasa, jadi saya yakin itu terealisasi,” kata Bobby.

Dalam kerja sama itu, pihak USU juga diwakili oleh Wakil Rektor III USU, Dr Poppy Anjelisa Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Staf Ahli Rektor, Siti Salmiah, Drg, Sp KGA dan Doli Muhammad Jafar Dalimunthe, SE, M Si, Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran USU, Prof Dr dr Dina Keumala Sari, MS, Sp GK, serta Ketua Pusat Sistem Informasi USU, M Anggia Muchtar, ST, MMIT. Pihak Pemko Medan diwakili oleh Kadis Pendidikan Kota Medan, Adlan, S Pd, MM, Dirut RSUD Pirngadi Medan, Dr Suryadi Panjaitan, M Kes, Sp PD FINASIM, Plt Kabag Agama Kota Medan, Khoirudin Rangkuti, Plt Kabag Hakda Kota Medan, Zainul Ahmaddin. (RR)

 

 

 

 

 

 

PetaIkonikUSU