MEDAN-HUMAS USU: Sebagai bentuk peningkatan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Sumatera Utara (USU) terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak. Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu Utara menjadi salah satu mitra USU untuk mengimplementasikan hal tersebut.

“Banyak hal bisa dikerjasamakan dengan Pemkab Labura ke depannya. Kita akan review ulang seluruh kerja sama dengan Pemkab Labura yang sudah pernah ditandatangani untuk selanjutnya dapat kita tingkatkan,” kata Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, saat acara penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) dengan Pemkab Labura, Kamis (1/4/2021) di Ruang Rapat Rektor USU.

 WhatsApp Image 2021 04 01 at 18.25.08

Di depan Bupati Labura, Hendriyanto Sitorus,SE, MM, Rektor USU menyebutkan pertemuan ini menjadi dasar untuk menjalin kerja sama lainnya. Dengan penandatanganan yang dilakukan, maka akan terbuka potensi untuk menjalankan program bersama ke depannya.

“Kita sudah lakukan banyak kerja sama dengan pemerintah daerah lainnya. Dan dengan penandatanganan ini, menjadi dasar bagi kita untuk dapat mengerjakan program lainnya dengan Pemkab Labura,” sebut Rektor USU.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 18.25.09

Rektor USU menyebut kerja sama dengan Pemkab Labura sangat penting bagi USU sebagai sarana untuk mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia menyebutkan terus berupaya meningkatkan pemeringkatan USU dan dengan kerjasama ini akan membantu untuk mewujudkannya.

“Kita punya Tri Dharma untuk kita laksanakan, yaitu Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian Pada Masyarakat. Dari ketiga hal itu kita bisa misalnya melakukan pembinaan untuk desa binaan yang ada di sana,” tambahnya.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 18.25.09 1


Selain itu, Rektor USU juga siap jika Pemkab Labura membutuhkan pendampingan untuk peningkatan sumber daya manusia yang ada. Pendampingan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk Pendampingan Aparatur Daerah seperti kepala desa.

“Banyak dosen kita telah menjadi pendamping desa untuk mengelola dana desa. Jika kerjasama ini berjalan dengan baik, kita siapkan tenaga kita dari USU untuk melakukan pendampingan di sana,” sebutnya.

WhatsApp Image 2021 04 01 at 18.25.08 1

Bupati Labura dalam sambutannya mengucapkan terima kasih untuk USU yang telah menerima kunjungan mereka dan berharap hubungan ini akan lebih harmonis. Ia menambahkan bahwa USU sebagai universitas terkemuka sangat berpotensi untuk menciptakan mahasiswa yang membangun daerah asalnya.

“Harapannya Bapak Rektor USU dapat memberikan peluang bagi adik-adik kami untuk bisa belajar di USU. Karena hal itu penting untuk membangun daerah kami,” sebut Hendriyanto.

Ia menyebutkan, pembangunan Kabupaten Labura ke depannya sangat bergantung kepada generasi muda. Dengan menjadi mahasiswa USU, ia yakin generasi muda Labura akan lebih kompetitif dan memiliki kemampuan unggul.

Dalam pertemuan itu Rektor USU didampingi oleh Wakil Rektor III USU, Dr Poppy Anjelisa Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Staf Ahli Rektor, Siti Salmiah, Drg, Sp KGA. Bupati Labura didampingi oleh Ketau DPRD Kab Labura Indra Surya Bakti Simatupang, SH, MKn beserta rombongan.(RR)

PetaIkonikUSU