MEDAN-HUMAS USU: Rektor USU Dr Muryanto Amin S Sos, M Si, menghadiri Serah Terima Jabatan Kepala SMA Negeri 1 Medan yang diselenggarakan di Aula SMA Negeri 1 Medan pada Senin (5/4/2021). Hadir sebagai Ketua Komite Sekolah, Dr Muryanto Amin menjelaskan tiga poin penting yang harus diperhatikan oleh kepala sekolah yang baru.

"Atas pergantian kepala sekolah yang sebelumnya, maka kepala sekolah yang baru semestinya dapat mempertahankan yang sudah baik dan meningkatkannya. Ini penting sebagai bentuk upaya kemajuan sekolah. Dalam kesempatan ini saya akan menyampaikan tiga pesan untuk bapak kepala sekolah yang baru," sebutnya

WhatsApp Image 2021 04 05 at 2.55.49 PM

Kondusifitas penyelenggaraan dan pengelolaan di lingkungan SMA Negeri 1 Medan menjadi hal penting pertama yang menjadi fokus kepala sekolah yang baru. Dengan kondusifitas yang terwujud, maka akan tercipta harmonisasi dari setiap elemen untuk mendukung kebijakan sekolah.

"Dengan adanya kepala sekolah yang baru, maka kondusifitas menjadi hal pertama yang penting untuk diperhatikan. Suasana yang kondusif dan nyaman akan membawa harmonisasi dari setiap elemen. Sehingga kita bersama semuanya dapat saling membantu," katanya.

Selanjutnya, ia mengharapkan agar kepala sekolah yang baru terus memperbaharui dan meningkatkan proses belajar mengajar. Tata kelola dan perencanaan proses pembelajaran sangat penting di masa sekarang ini. Ia mengatakan bahwa siswa sudah dapat mengakses informasi bukan hanya dari guru saja.

WhatsApp Image 2021 04 05 at 2.55.49 PM 1

"Anak-anak kita saat ini sudah dapat mengakses informasi dari berbagai sumber. Hal ini menunjukkan bahwa informasi dan pengetahuan itu ada di mana-mana. Maka guru juga harus update pengetahuannya dan meningkatkan kemampuannya agar dapat sejalan dengan hal tersebut," tambahnya.

Peran penting guru dalam era keterbukaan informasi tersebut sudah bergeser dari sosok sentral menjadi pengarah dan memberi petunjuk kepada siswa agar tetap pada koridor yang seharusnya. Guru harus mampu menjaga siswa agar dapat mengakses informasi dan pengetahuan yang berguna untuk dirinya.

WhatsApp Image 2021 04 05 at 2.55.49 PM 2

"Peran guru saat ini adalah menjaga agar anak itu bisa tetap berada di rel. Dengan keterbukaan informasi saat ini, apapun dapat diakses oleh anak. Maka guru menjaga anak agar tidak keluar dari rel," kata Muryanto Amin.

Dalam pemaparannya, Ia menyebutkan bahwa serah terima jabatan ini merupakan hal yang biasa terjadi dalam kepemimpinan. Hal ini merupakan bentuk penyegaran dan proses regenerasi dan kaderisasi agar terus berlanjut.

WhatsApp Image 2021 04 05 at 2.55.49 PM 3

"Serah terima jabatan ini adalah hal normal. Untuk itu saya ucapkan terimakasih untuk kepala sekolah sebelumnya dan mengucapkan selamat datang dan semoga sukses untuk kepala sekolah yang baru. Semoga sukses dalam menjalankan amanah," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Medan, Drs Buang AS, Ketua Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKSP) Kota Medan, Drs. Marnaek Nainggolan, M Si, serta Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Medan yang lama, Drs Suhairi, M PD dan Kasek SMA Negeri 1 Medan yang baru, Sabar, S Pd, M Si. (RR)

PetaIkonikUSU