MEDAN – HUMAS USU: Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, didampingi Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Hasibuan, S Si, M Si, Apt. menggelar diskusi terbatas dengan Kepala Kantor Urusan Internasional, Dr Esther Nababan M Sc dan para dosen USU dari berbagai lintas disiplin ilmu yang tergabung dalam Tim Erasmus+ USU pada hari Kamis (1/4/2021), bertempat di Ruang Kerja Rektor USU. Dalam pertemuan tersebut, tim yang diketuai oleh Emerson P Sinulingga, Ph D, melaporkan kemajuan program kerja sama internasional USU dengan Erasmus+ Uni Eropa di bidang Industri 4.0. Erasmus+ merupakan program prestisius dari Uni Eropa untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan.

WhatsApp Image 2021 04 06 at 16.28.47


Tujuan dari program kerja sama tersebut adalah mendirikan Program Studi Magister di bidang Industri 4.0 di USU, selaras dengan program merdeka belajar, kampus merdeka yang dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kerja sama Erasmus+ Industri 4.0 juga merupakan bagian dari program internasionalisasi USU menuju World Class University. Kerjasama Erasmus+ yang berhasil diraih USU ini melibatkan beberapa perguruan tinggi manca negara lainnya yaitu: UiTM, UniKL dan UTM (Malaysia), UHST, UBB, MCU (Kamboja), USU dan Unsyiah (Indonesia), HOU, AMC dan BK (Yunani), USGM dan Sapienza (Italia). Kerja sama berlangsung sejak 19 Desember 2019 hingga akhir tahun 2022.

WhatsApp Image 2021 04 06 at 16.28.48

Selain mendirikan Program Magister Industri 4.0, pelaksanaan kerja sama ini juga mencakup pendirian laboratorium pendukung dan virtual learning environment untuk penguatan kegiatan tri dharma USU di bidang Industri 4.0. Dalam program ini USU memperoleh alokasi dana kerja sama sebesar Rp. 1 Miliar (EUR 58.700). Dalam kesempatan tersebut, tim menjelaskan lebih lanjut kondisi terkini dan langkah strategis yang akan dilaksanakan untuk mendirikan program studi sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Jika telah memenuhi semua persyaratan akademik dan akreditasi maka ditargetkan penerimaan mahasiswa baru dapat dilakukan pada awal tahun 2022.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut anggota tim Erasmus+ Industry 4.0 USU, yang terdiri dari Dr Ir Fahmi, ST, M Sc, IPM, Dr Suherman, ST, MSc, Dr Ing Pramio G Sembiring, Prof Dr Isfenti Sadalia, SE ME, Prof Dr Dwi Suryanto, MSc, Dr Rulianda Wibowo, SP, M Ec, dan Yasmin Muchtar, SP, MBA. Pada pertemuan tersebut Rektor USU menyambut baik hasil yang telah disampaikan oleh tim dan mendukung langkah strategis yang akan ditempuh untuk merealisasikan dengan baik output program internasional yang telah ditetapkan dalam perjanjian kerja sama tersebut. (RJ)

PetaIkonikUSU