MEDAN – HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, memberikan sinyal positif kepada Bupati Padang Lawas H Ali Sutan Harahap untuk membangun sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Padang Lawas. Kerja sama tidak saja berkisar pada kegiatan dalam lingkup tri dharma perguruan tinggi, namun akan meluas pada aspek pembangunan lainnya yang akan dikembangkan di wilayah kabupaten tersebut.

Rektor USU memberikan pernyataan kesanggupan tersebut di depan Bupati Padang Lawas dalam momentum penandatanganan Memorandum of Understanding antara kedua institusi, yang berlangsung di ruang rektor USU, di lantai 3 Gedung Biro Pusat Administrasi USU Medan, Rabu (7/4/2021). Turut mendampingi Bupati Padang Lawas; Ketua DPRD Padang Lawas Amran Pikal Siregar, Ketua Komisi B DPRD Padang Lawas H Fahmi, Asisten 1 Pemkab Padang Lawas Panguhum Nasution, S Sos, MAP, Kepala BPKAD Pemkab Padang Lawas Yenny Nurlina, SP, dan Ka Biro Hukum Pemkab Padang Lawas Agus Daulay, SH, MM. Sementara dari USU hadir Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S Si, M. Si, Apt.

WhatsApp Image 2021 04 07 at 17.31.15 1

“Selama ini dosen-dosen USU juga banyak yang sudah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Padang Lawas. Dengan ditandatanganinya MoU ini, maka USU siap bersinergi melalui riset ataupun kerja sama lain di bidang pendidikan dengan Pemkab Padang Lawas, sekaligus membantu berjalannya geliat pembangunan di daerah tersebut,” janji Rektor USU.

Untuk itu, lanjut Dr Muryanto, setelah penandatanganan MoU diperlukan pembicaraan lanjutan yang intensif untuk menginventarisir atau mendata hal-hal apa saja yang bisa dikolaborasikan. Selain itu juga akan ditetapkan target per tahun dari kerja sama yang dilakukan guna memudahkan evaluasi dan peningkatan kerja sama di masa-masa berikutnya.

WhatsApp Image 2021 04 07 at 17.31.16 1

“Tentu ada banyak hal yang bisa dikembangkan dalam kegiatan MoU ini. USU tetap membuka diri untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat. USU juga menyediakan tenaga pengajar kami untuk mendidik masyarakat di sana, berkaitan dengan peningkatan produk pertanian yang selama ini menggunakan konsultan dari perguruan tinggi yang ada di luar Pulau Sumatera. KKN Desa Binaan juga akan lebih diseriusi dengan mendata desa-desa yang akan dimajukan,” kata Dr Muryanto.

WhatsApp Image 2021 04 07 at 17.31.16 2

Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap menyambut baik tawaran Rektor USU tersebut dan berterima kasih atas kesediaan USU untuk bekerja sama dan membantu masyarakat Kabupaten Padang Lawas.

“Sebenarnya MoU ini sudah ada sejak tahun 2009, namun tidak ada progress yang menggembirakan. Maka kami mengulangi kembali MoU ini dengan harapan keluarga besar USU dapat memberikan bantuannya kepada kami. Dengan demikian jika selama ini kami harus mendatangkan tenaga ahli dari perguruan tinggi di Jawa maka melalui kerja sama ini kiranya kami bisa menghemat anggaran yang tadinya diperuntukkan bagi transportasi tenaga ahli tersebut, karena jarak ke Medan tentu lebih dekat,” kata Ali Sutan.

WhatsApp Image 2021 04 07 at 17.31.17 3

Bupati berharap agar dengan kerja sama ini Padang Lawas mampu memenuhi harapannya sesuai dengan motto daerah Cerdas Bercahaya (Beriman Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya). Penandatanganan MoU ditutup dengan tukar-menukar cenderamata dan foto bersama. (RJ)

PetaIkonikUSU