MEDAN-HUMAS USU: Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara gelar acara penyambutan purnabakti Prof Dr Syafruddin Kalo, SH, M Hum, pada Kamis (8/4/2021) di Pendopo Fakultas Hukum USU. Acara tersebut diselenggarakan untuk menyambut masa purnabakti Prof. Syafruddin Kalo yang telah memasuki usia 70 tahun.

Rektor USU yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada Prof Syafruddin Kalo yang memasuki masa purnabakti. Ucapan itu disebutnya juga mewakili seluruh civitas akademika yang ada di USU.

WhatsApp Image 2021 04 08 at 12.07.06 PM 4

“Saya hadir mewakili bapak rektor menyampaikan terima kasih dan selamat kepada Prof Kalo yang telah memasuki masa purna bakti. Bapak rektor sangat mengapresiasi atas perjalanan karir Prof Kalo yang telah memberikan banyak kontribusi untuk Fakultas Hukum USU,” sebut Dr Edy Ikhsan.

Kontribusi yang diberikan oleh Prof Kalo dalam memajukan Fakultas Hukum USU merupakan hal yang sangat membanggakan menurutnya. Ia menambahkan bahwa Prof Syafruddin Kalo merupakan sosok yang berjasa untuk Fakultas Hukum USU.

“Dedikasi dan pemikiran Prof Kalo untuk Fakultas Hukum USU itu tidak perlu diragukan lagi. Banyak hal yang telah dilakukan beliau demi kemajuan Fakultas Hukum ini. Beliau sangat berjasa,” tambahnya.

syafruddin kalo 1

Ia juga menjelaskan bahwa Prof Syafruddin Kalo merupakan saksi hidup dari perkembangan Fakultas Hukum dari waktu ke waktu. Prof Kalo mengikuti seluruh perkembangan dan ikut didalamnya untuk memberikan warna dalam perkembangan tersebut.

“Prof Kalo ini merupakan saksi hidup perkembangan Fakultas Hukum USU setidaknya dalam empat sampai lima dekade terakhir. Berbagai kepemimpinan dekan dan rektor telah beliau lalui dan beliau ikut di dalamnya untuk memberikan kontribusi,” kata Dr Edy Ikhsan.

Wakil Rektor I selanjutnya menyampaikan bahwa ini merupakan tahapan baru dalam perjalanan karir Prof Syafrudin Kalo. Setelah selama ini mendedikasikan diri untuk USU, ia menilai masa purnabakti menjadi tantangan baru dalam kehidupan Prof Syafruddin Kalo.

WhatsApp Image 2021 04 08 at 12.07.06 PM 3

“Ini bukan merupakan sebuah perpisahan, melainkan sebuah tahapan baru, momen baru dalam perjalanan hidup Prof Kalo. Oleh karenanya kita tidak menyebutkan ini sebuah perpisahan, melainkan penyambutan,” ujarnya.

Ia juga berharap agar anak-anak Prof Syafruddin Kalo dapat menjadi sosok penerus perjuangannya. Prof Kalo yang memiliki dua anak yang berkecimpung di dunia hukum diharapkan dapat termotivasi atas dedikasi sang ayah.

“Saya berharap dua anak Prof Kalo yang juga mendedikasikan diri di dunia hukum dapat mengikuti jejak sang ayah. Jadikanlah ayahanda menjadi suri tauladan dan contoh untuk menjadi motivasi ananda,” sebut Wakil Rektor I.

WhatsApp Image 2021 04 08 at 12.07.06 PM 10

Wakil Rektor I mendoakan kesehatan serta perlindungan dari Allah SWT kepada Prof Syafruddin Kalo dalam menjalani hidup ke depannya. Terkhusus ia mendoakan agar Prof Syafruddin Kalo dihindarkan dari wabah Covid-19 yang merebak saat ini.

“Saya doakan Prof Kalo beserta istri dan seluruh keluarga selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah Swt. Apalagi saat sekarang ini dalam masa Covid-19, semoga Prof Kalo terhindar dari wabah tersebut,” pungkasnya.

Prof Syafruddin Kalo menyebutkan terima kasih atas partisipasi seluruh kolega yang telah hadir dalam acara penyambutan tersebut. Ia terlihat sangat bahagia dan antusias dalam kegiatan tersebut.

WhatsApp Image 2021 04 08 at 12.14.13 PM

“Terima kasih kepada seluruh kolega dan sahabat saya, terima kasih juga kepada panitia, serta seluruh tenaga kependidikan yang telah banyak membantu saya. Juga kepada pimpinan universitas maupun pimpinan fakultas yang juga banyak membantu saya hingga memasuki masa purna bakti,” sebut Prof Syafruddin Kalo.

Kegiatan tersebut ditutup dengan acara pemberian cenderamata dari USU dan dilanjutkan penyerahan buku karya Prof Syafruddin Kalo kepada USU dan Fakultas Hukum USU. Setelahnya seluruh hadirin diajak foto bersama dengan Prof Syafruddin Kalo.

WhatsApp Image 2021 04 08 at 12.14.13 PM 1

Hadir dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Hukum USU Prof Dr Budiman Ginting, SH, M Hum, Wakil Dekan I, II, dan III Fakultas Hukum USU, Prof Dr OK Saidin, SH, M Hum, Puspa Melati Hasibuan, SH, M Hum, dan Dr Jelly Leviza, SH, M Hum, Ketua Panitia Acara, Dr Edi Yunara, SH, MH, Rektor USU masa bakti 2016-2021 Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, serta jajaran Guru Besar, Staf Pengajar, dan Tenaga Kependidikan Fakultas Hukum USU. (RR)

PetaIkonikUSU