MEDAN-HUMAS USU: Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Apoteker yang diluluskan pada semester ganjil tahun akademi 2020-2021 atau Angkatan ke-29, Jumat (9/4/2021), di Aula Fakultas Farmasi USU. Prosesi tersebut merupakan rangkaian yang harus dilalui mahasiswa yang akan menyandang gelar profesi apoteker.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 2.51.41 PM

Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, yang hadir mewakili Rektor USU menegaskan pentingnya apoteker untuk menunjang kesehatan pada masyarakat secara luas. Apoteker dituntut untuk dapat menjadi bagian penting untuk memberikan informasi mengenai kesehatan yang benar kepada masyarakat.

“Saudara juga harus berperan aktif dalam memberikan informasi yang benar kepada masyarakat tentang obat dan bagaimana cara penggunaannya yang benar. Penggunaan obat secara sembarangan, bukan saja tidak memberikan efek pengobatan, akan tetapi dapat menimbulkan penyakit tambahan pada si pasien,” sebutnya.

Selain itu, Dr Edy Ikhsan juga menyampaikan tentang peran apoteker yang tidak hanya memberikan informasi kepada masyarakat namun juga memberikan masukan dan pertimbangan kepada dokter terkait suatu obat yang akan digunakan. Dengan informasi tersebut, maka dokter dapat memberikan resep obat yang sesuai.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 11.13.35

“Sebagai seorang Apoteker, Saudara tidak hanya memberikan informasi tentang obat kepada masyarakat, tetapi juga harus mampu memberikan informasi ilmiah kepada para dokter tentang penggunaan suatu obat,” tambahnya.

Tuntutan profesi menjadikan seorang apoteker untuk mampu bekerja sama dengan profesi kesehatan lainya menurutnya. Kolaborasi yang diharapkan bertujuan untuk memberikan pelayanan maksimal yang beriorientasi kepada pasien.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 11.13.28 1

“Profesi Apoteker merupakan salah satu profesi kesehatan yang berkaitan dengan jiwa manusia. Oleh karena itu sangat dituntut keterampilan dan kehati-hatian Saudara dalam melaksanakan profesi ini. Di samping itu, interaksi Saudara dengan profesi kesehatan lain seperti dengan dokter, dokter gigi dan perawat, harus ditekankan kepada kepentingan pasien (patient oriented),” sebut Wakil Rektor I.

Dalam sambutannya ia juga mewakili seluruh sivitas akademika USU menyampaikan selamat kepada apoteker baru yang diambil sumpah janjinya pada hari ini. Ia berharap agar apoteker yang baru saja diambil sumpahnya tersebut dapat memegang teguh sumpah janjinya.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 3.04.26 PM

“Atas nama pimpinan universitas dan segenap sivitas akademika, kami mengucapkan selamat kepada Saudara-saudara yang baru dilantik dan diambil sumpah janjinya sebagai apoteker baru pada Fakultas Farmasi USU,” ujar Dr Edy Ikhsan.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 11.13.36 1

Pada prosesi tersebut, Dekan Fakultas Farmasi USU, Prof Dr Dra Masfria, MS, Apt, menyampaikan bahwa Fakultas Farmasi USU saat ini telah melakukan Pengambilan Sumpah Janji Apoteker lulusan USU sebanyak 29 kali. Hal ini menambah jumlah apoteker lulusan USU.

“Fakultas Farmasi USU sejak tahun 2006 hingga hari ini telah melantik 2.631 Apoteker. Dengan demikian jumlah Apoteker yang telah diluluskan oleh Universitas Sumatera Utara sebanyak 2.744 orang,” sebut Prof Masfria.

WhatsApp Image 2021 04 09 at 11.13.29

Ia juga berharap agar lulusan apoteker yang baru saja diambil sumpah janjinya itu agar senantiasa melaksanakan kode etik profesi apoteker dan memberikan pelayanan demi kepentingan pasien yang mereka tangani. Hadir dalam kesempatan tersebut Para Wakil Dekan Fakultas Farmasi USU beserta Staf Pengajar, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kesehatan Kota Medan, Perwakilan Balai Besar POM Medan, Komite Farmasi Nasional, Pengurus Daerah IAI Sumatera Utara dan Pengurus Cabang IAI Kota Medan, serta Ikatan Alumni Farmasi USU.(RR)

PetaIkonikUSU