MEDAN-HUMAS USU: Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun H. Anif, Yayasan H Anif melaksanakan Pembukaan Aanwijzing 3 Sayembara Proyek Desain Arsitektur Masjid Al-Musannif, Senin (19/4/2021), yang digelar dengan menggunakan fasilitas pertemuan secara daring.

Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, dalam sambutanya menyebutkan kegiatan ini sangat penting untuk dapat menujukkan peradaban Islam. Ia berpendapat bahwa sayembara ini akan memunculkan desain yang akan menjadi penanda bagaimana peradaban Islam saat ini.

WhatsApp Image 2021 04 19 at 23.18.45 2

“Kegiatan yang kita laksanakan ini sangat penting dan berdampak luas serta dapat menunjukkan bagaimana peradaban Islam itu sendiri,” katanya. Ia berpendapat bahwa arsitektur secara luas telah menggambarkan bagaimana sebuah peradaban berlangsung dan berkembang. Saat ini perkembangan Islam menurutnya sangat progresif dan masif di seluruh dunia.

“Saat ini kita bisa menyaksikan bagaimana perkembangan Islam di dunia sangat pesat. Kita bisa menyebutkan bahwa perkembangan Islam saat ini sangat progresif. Hal ini tentu dapat dibuktikan dengan semakin berkembangnya desain arsitektur masjid di seluruh belahan dunia,” sebutnya.

Ia mencontohkan bagaimana perkembangan Islam dahulu di belahan Eropa dapat tergambar dari beberapa bangunan di sana yang memadukan gaya arsitektur Timur Tengah dan juga gaya arsitektur setempat.

“Kita bisa melihat di Kawasan Cordoba, Eropa Timur, dan juga Eropa Barat bagaimana Islam berkembang membentuk sebuah peradaban yang pesat. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa bangunan yang memadukan gaya arsitektur Timur Tengah dan Eropa pada umumnya,” ujar Rektor USU.

Hal ini menurutnya akan menjadi tantangan bagi peserta dan juga dewan juri yang akan mengikuti kegiatan. Dari sisi peserta menurutnya akan diharapkan dapat menyalurkan pemikiran dan idenya dalam bentuk desain arsitektur yang menggambarkan peradaban Islam.

“Bagi peserta ini diharapkan dapat menghasilkan karya desain arsitektur yang dapat memberikan gambaran bagaimana perkembangan peradaban Islam di samping memberikan kesan kenyamanan dalam beribadah. Selain itu juga diharapkan desain dapat diproyeksikan untuk bertahan lama,” tegasnya.

WhatsApp Image 2021 04 19 at 23.18.45 4

Secara khusus ia juga berterima kasih kepada Drs H Musa Rajekshah, M Hum, yang juga merupakan Wakil Gubernur Sumatera Utara atas kepercayaannya melalui Yayasan H Anif kepada USU untuk menyelenggarakan sayembara tersebut.

“Terkhusus kepada Bapak H Musa Rajekshah, saya ucapkan terima kasih banyak telah mempercayakan USU melalui Prodi Arsitektur untuk melaksanakan sayembara. Ini menjadi kebanggaan bagi USU tentunya,” tutupnya dalam sambutan.

Drs H Musa Rajekshah, M Hum, yang bergabung mengatasnamakan Yayasan H Anif turut mengapresiasi kontribusi USU untuk dapat bekerja sama dengan yayasannya menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya sangat apresiasi atas respon dan sambutan Rektor USU yang positif terkait hal ini. Tempo hari saya hubungi beliau dan langsung disambut dengan baik, bahkan tanpa adanya surat menyurat secara formal sudah bisa kita rangkai perencanaannya,” sebut H Musa Rajekshah.

WhatsApp Image 2021 04 19 at 23.18.45 3

Ia menyampaikan bahwa ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun H Anif yang ke-82. Kegiatan dilaksanakan untuk menggantikan kegiatan MTQ yang biasanya digelar untuk menyambut perayaan hari ulang tahun tersebut.

“Dengan situasi pandemi saat ini kita menghindari adanya kerumunan. Oleh karenanya kegiatan MTQ yang biasa kita lakukan dialihkan dengan kegiatan sayembara ini. Kita berharap kegiatan ini dapat berdampak luas bagi masyarakat dan bagi seluruh pihak yang terlibat mendapatkan pahala yang banyak,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut dari Program Studi Arsitektur USU, Dr Ir Dwira Nirfalini Aulia, MSc, IPM sebagai Ketua Panitia Kegiatan dan Sekretaris Panitia Benny OY Marpaung, ST, MT, PhD, IPM, Ir Nurlisa Ginting, MSc sebagai pengarah dan juga Wahyu Abdillah, ST, MT. (RR)

PetaIkonikUSU