MEDAN-HUMAS USU: Rangkaian kegiatan buka puasa Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, bersama dengan Wakil Rektor I dan jajaran dilaksanakan di Rumah Dinas Rektor, Jalan Universitas No.44 Kampus USU Medan, Rabu (21/04/2021). Buka puasa bersama tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, beserta jajarannya.

Acara diawali dengan siraman rohani dari Penceramah Ustad Sulaiman. Dalam tausiyahnya, Ustad Sulaiman mengusung topik obat hati bagi manusia. Ia menyebutkan setidaknya ada tiga pesan untuk manusia yang dapat dijadikan sebagai obat hati.

WhatsApp Image 2021 04 21 at 9.27.50 PM

"Saya menyampaikan kepada kita semua bahwa kita perlu menjaga kebersihan hati. Ini penting sebagai muslim agar tetap terjaga dari penyakit hati. Setidaknya ada tiga hal yang dapat dijadikan obat hati," kata Ustadz Sulaiman.

Pertama Ustad Sulaiman menyampaikan, Alquran merupakan penyejuk hati dan juga sebagai obat dari penyakit hati. Ia mengutip beberapa ayat yang menyebutkan bahwa Al-Qur'an diturunkan oleh Allah SWT sebagai obat hati selain menjadi petunjuk bagi kaum muslim.

WhatsApp Image 2021 04 21 at 9.27.50 PM 1

"Baca Al-Qur'an Bapak Ibu, itu merupakan obat hati. Jika penyakit demam ada obatnya, penyakit jantung ada obatnya, maka Alquran menjadi obat hati. Tidak ada obat untuk hati selain Alquran," tambahnya

Ia menambahkan, bahwa selain membaca dan mengamalkan Al-Qur'an, hendaknya kaum muslim dapat menjalankan puasa di Bulan Suci Ramadhan. Perintah puasa untuk menahan diri dari lapar dan dahaga merupakan latihan untuk mengobati hati.

WhatsApp Image 2021 04 21 at 9.27.50 PM 3

"Dalam puasa kita tidak hanya menahan lapar dan dahaga dari terbitnya fajar hingga terbenam matahari, melainkan kita juga harus menjaga diri dari segala hal yang dapat membatalkan maupun mengurangi pahala puasa," sebutnya.

Terakhir Ustad Sulaiman berpesan agar melaksanakan Qiyamullail pada malam hari. Ia mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan doa dan meminta ampun pada Allah SWT di sepertiga malam terakhir.

WhatsApp Image 2021 04 21 at 9.27.50 PM 4

"Laksanakan Qiyamullail, bermohon kepada Allah SWT atas segala hal. Minta kemudahan, minta ampunan dari segala dosa. Minta sebanyak-banyaknya saat anda melaksanakan Qiyamullail," kata Ustad Sulaiman.

Kegiatan tersebut ditutup dengan doa, yang dilanjutkan berbuka puasa bersama dan salat Maghrib berjamaah. Turut hadir dalam acara tersebut seluruh lembaga dan staf yang berada di bawah naungan Wakil Rektor I USU. (RR)

PetaIkonikUSU