MEDAN-HUMAS USU : Untuk meningkatkan program edukasi dalam bidang perpajakan serta pengembangan kerja sama lainnya, Universitas Sumatera Utara (USU) dan Kanwil Direktorat Jederal Pajak Sumut I melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bertempat di ruang rapat Rektor USU, Senin, (26/04/2021). Penandatanganan dilakukan oleh Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si dan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Sumut I, Eddi Wahyudi.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.31

Rektor USU dalam kesempatan itu mengatakan, kerja sama antara USU dengan Kanwil DJP Sumut I bukanlah hal yang baru pertama kali dilakukan, melainkan sudah berlangsung sejak bertahun-tahun sebelumnya. Tax centre sendiri sudah berdiri di USU sejak tahun 2008.

“Tax centre memiliki peran dan posisi yang sangat penting. Selain melaksanakan tugas perpajakannya, tax centre juga memiliki fungsi edukasi ke masyarakat, khususnya terhadap para mahasiswa yang berasal dari D3 Perpajakan. Sementara untuk pembinaan UMKM di USU dilakukan oleh LINKS (Lembaga Inovasi dan Inkubasi) yang sampai saat ini sudah memiliki 17 produk,” terang Dr Muryanto.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.29 1

Dalam pertemuan yang berlangsung dalam suasana akrab tersebut, Kakanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi menyatakan bahwa kerja sama antar dua institusi tersebut akan diarahkan melalui tax centre. Menurutnya banyak hal yang harus dibenahi dari keberadaan tax centre di perguruan tinggi. Salah satunya yakni dengan memperluas jangkauan kerja tax centre yang tidak hanya mengurusi persoalan pajak, namun juga mampu berperan untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.30

“Direktorat Jenderal Pajak saat ini tengah fokus dalam upaya pembinaan UMKM bersinergi dengan Kemenparekraf. Kami ingin ke depan kerja sama dengan universitas ini juga lebih banyak difokuskan bagi pengembangan dan pembinaan UMKM serta bagaimana agar anak-anak mahasiswa dapat mengambil peran yang lebih besar dalam penyelenggaraan kegiatan ini. Contohnya, ada urusan marketing yang bisa dipegang oleh anak-anak tersebut,” kata Eddi.

Kakanwil optimis bahwa pihak kampus, dalam hal ini USU, memiliki banyak ide yang bisa dilaksanakan untuk mengembangkan UMKM, melalui para dosennya. Dengan menggandeng pihak perguruan tinggi, Eddi yakin program-program UMKM ke depan akan lebih terukur, baik dari omzet, tenaga kerja, pembukuan dan lain sebagainya.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.30 2

“Kalau dalam kerja sama yang telah terbangun sebelumnya antara USU dan DJP Sumut I hanya berkisar dalam bidang riset, mengajar serta penelitian dan pengabdian masyarakat, maka dalam kerja sama lanjutan ini kita akan memperluas jangkauannya hingga ke masyarakat. Fungsi kampus salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat, maka kami akan mendorong peran ini sehingga dapat berjalan maksimal,” katanya.

Terkait persoalan UMKM, Rektor USU menyayangkan bahwa sampai saat ini data UMKM sangat tidak tertata dengan baik. Di mana persoalan ini juga menjadi persoalan tersendiri bagi Pemko dan Pemprov.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.31 2

“Data UMKM kita sangat centang-prenang dan tidak dikelola dengan baik. Data riil sangat sulit didapatkan. Tidak ada klasterisasi. Jadi yang harus kita lakukan pertama kali adalah melakukan pendataan dan mengelola data tersebut dengan baik. Yang terbesar jumlahnya itu adalah UMKM kuliner. Sementara kita sama-sama tahu bahwa UMKM kuliner ini perkembangannya sangat lambat dibandingkan dengan UMKM yang lain. Maka harus dicari dan dipikirkan jalan keluar yang bagus untuk menyelesaikan persoalan ini. Mengembangkan dan mengelola UMKM itu dibutuhkan inovasi dan ide-ide baru yang bisa memperkaya dan meningkatkan gairah berwirausaha, baik di tingkat lokal maupun nasional,” paparnya.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.32

Untuk itu, lanjut Dr Muryanto, berbagai program yang telah direncanakan dan dijabarkan oleh Dirjen Pajak akan ditindaklanjuti secepatnya untuk memperluas bidang kerja tax centre serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kita semua berharap agar seluruh program kerja sama dapat dilaksanakan dengan baik sehingga mencapai tujuan awal yang telah direncanakan,” kata Rektor.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 12.18.32 1

Turut hadir dari Kanwil DJP Sumut I, Kabid P2 Humas Kanwil DJP Sumut I Bismar Fahleri,  Ka Bag Umum Kanwil DJP Sumut I Iman Pinem, Kepala KPP Pratama Medan Polonia Hendri Z dan Ka Sie Penyuluhan Kanwil DJP Sumut I, Josualam Sinaga. Dari USU turut mendampingi rektor, Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Staf Ahli WR 3 USU Siti Salmiah, drg, Sp KGA dan Ka Biro BP2KM dan Kerja Sama Surya Darma, S Sos. (RJ)        

PetaIkonikUSU