MEDAN-HUMAS USU: Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) menyatakan diri terbuka dan mengajak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk berkolaborasi dalam segala lini. Kolaborasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan dampak perguruan tinggi pada masyarakat.

“Kemarin saya bertemu dengan Kepala LL DIKTI dan dari pertemuan itu saya nyatakan siap untuk melakukan kolaborasi dengan PTS di Sumatera Utara dalam berbagai lini, seperti misalnya penelitian bersama.”

Hal itu disampaikan Rektor USU Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, dalam sambutannya saat menerima kunjungan rombongan Rektor Universitas Dharma Agung di Ruang Rektor USU, Gedung Biro Pusat Administrasi USU lantai 3, Senin (26/4/2021), pada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua institusi.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 15.52.49

Ia menyatakan sudah saatnya PTN dan PTS itu untuk dapat berkolaborasi sehingga dapat membagi pengalaman serta keilmuan dalam mengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi. Riset sebagai kewajiban bagi civitas akademika bisa dimaksimalkan dalam kolaborasi tersebut.

“Riset kolaborasi bisa kita maksimalkan dalam kerja sama PTN dan PTS. MoU ini menjadi titik langkah kita untuk beranjak pada perjanjian lebih banyak ke depannya,” tambahnya.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 15.52.48 2

Ia juga menyampaikan, bahwa bentuk kolaborasi tersebut tidak hanya berhenti pada pelaksanaan riset kolaborasi. Rektor USU secara khusus mengajak Universitas Dharma Agung untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.

“Sudah jelas saat ini kita sedang berupaya menerapkan konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Oleh karenanya saya mengajak Universitas Dharma Agung untuk dapat berkolaborasi dalam penerapan konsep tersebut,” sebutnya.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 15.52.48 3

Rektor Universitas Dharma Agung yang memimpin langsung rombongan, Dr Jaminuddin Marbun, SH, M Hum, mengapresiasi semangat Rektor USU untuk melaksanakan kolaborasi dengan PTS di Sumatera Utara.

“Saya berterima kasih kepada Rektor USU yang dengan tangan terbuka menerima kami hadir dan bersedia untuk mengadakan kerja sama dengan kami yang diawali penandatanganan MoU pada hari ini,” kata Jaminuddin.

Ia juga sangat berharap, agar kerjasama ini secepatnya dapat terlaksana, sehingga rancangan tersebut dapat dirasakan dan berdampak luas bagi masyarakat umum, maupun kepada kedua universitas yang bekerja sama.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 15.52.49 1

Dalam rombongan tersebut, Rektor Universitas Dharma Agung didampingi Wakil Rektor I UDA Dr Mhd Ansori Lubis, SH, MH, Tim Ahli Rektor Bidang PPM Prof Dr Ir Bilter A Sirait, MS, Wakil Rektor II UDA Dr Jonner Lumbangaol, SE, MM, Staf Ahli Rektor UDA Dr Maurice Rogers, SH, MH, sedangkan Rektor USU didampingi Wakil Rektor III USU Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Staf Ahli Wakil Rektor III USU Siti Salmiah, drg, SpKGA dan Ka Biro BP2KM dan Kerjasama, USU Surya Darma, S.Sos. (RR)

PetaIkonikUSU