MEDAN-HUMAS USU: Rangkaian safari buka puasa bersama oleh Rektor USU, Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, dengan civitas akademika USU terus berlanjut. Pimpinan Majelis Wali Amanat (MWA), Dewan Guru Besar (DGB), dan Senat Akademik (SA) USU mendapat giliran jamuan buka puasa bersama yang digelar di Rumah Dinas Rektor, Jalan Universitas No.44 Kampus USU Medan, Senin (26/4/2021) malam.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 19.55.28

Kegiatan diawali dengan siraman rohani yang disampaikan oleh Ustad Sugeng. Dalam tausiyahnya, Ustad Sugeng mengajak seluruh hadirin untuk meningkatkan tauhid kepada Allah SWT. Hal ini diyakininya penting sebagai seorang muslim.

"Bapak Ibu semua yang hadir harus memegang teguh tauhid kepada Allah SWT. Tauhid merupakan bentuk kepercayaan seorang muslim kepada Allah SWT sebagai Tuhan yang melindungi kita," kata Ustad Sugeng.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 19.55.30

Ia menekankan bahwa hidup manusia di dunia berada dalam kekuasaan Allah SWT. Tidak ada satupun yang terlewat dari pantauan dan penjagaan oleh Allah SWT. Ia menyebutkan bahwa jika Allah SWT berkendak, maka terjadilah sesuatu itu.

"Jika kehendak Allah SWT sudah tegak, maka tidak ada yang bisa mengelak. Siapapun tidak bisa lari dari kehendak Allah. Semua ada dalam skenario yang telah ditetapkan oleh Allah SWT," ujarnya.

Ustad Sugeng juga memberikan contoh bahwa Rektor USU saat ini juga merupakan kehendak Allah SWT. Allah SWT memberikan rahmat dan hidayah-Nya untuk menunjuk Dr Muryanto Amin sebagai Rektor USU.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 19.55.31

"Dr Muryanto Amin terpilih menjadi Rektor USU juga merupakan bagian dari kehendak Allah SWT. Allah SWT yang menciptakan langkah dan jalan bagaimana beliau terpilih menjadi Rektor USU," tambahnya.

Rezeki, kesehatan, dan termasuk jabatan merupakan kehendak Allah SWT yang kita sendiri sebagai manusia tidak menduga bagaimana datangnya. Oleh karenanya, ia menyebutkan, kita harus dapat menerima segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT.

"Terkadang kita sebagai manusia memohon sesuatu kepada Allah SWT. Namun, Allah SWT tidak mengabulkan apa yang kita mohonkan, kecuali memberikan sesuatu yang tidak kita butuhkan. Inilah bukti kekuasaan Allah SWT," pungkasnya.

WhatsApp Image 2021 04 26 at 19.55.27

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris MWA USU Prof dr Guslihan Dasatjipta, Sp A(K), serta jajaran, Sekretaris DGB USU Prof Thamrin, M Sc, beserta jajaran, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik USU Prof Dr Suwarto, SH, MH dan Romi Fadhillah Rahmat, BComp, MSc dan jajaran, Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, Wakil Rektor II Muhammad Arifin Nasution, S Sos, M SP, serta para Staf Ahli Rektor dan staf USU. (RR)

PetaIkonikUSU