MEDAN-HUMAS USU : Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, S Sos, M Si, menggelar buka puasa bersama unit kerja Sekretariat Universitas Sumatera Utara, bertempat di kediaman resmi rektor, Jalan Universitas no. 44 Kampus USU Medan, Senin (03/05/2021). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari buka puasa bersama rektor dan para pimpinan beserta jajaran satuan kerja di lingkungan USU.

WhatsApp Image 2021 05 03 at 9.06.10 PM 1

Terlihat hadir di antaranya Sekretaris Universitas Prof Dr dr Muhammad Fidel Ganis Siregar, M Ked (OG), Sp OG (K), Kepala Kantor Humas, Promosi dan Protokoler Amalia Meutia, M Psi, Psikolog, Kepala Kantor Arsip Aisyah, SE, M Si, Kepala Kantor Urusan Hukum Prof Dr Tan Kamello, SH, MS, beserta jajaran Kabag dan Kasubbag.

Sebelum berbuka puasa, acara didahului dengan tausiah yang disampaikan oleh Ustad Bambang Irwanto dengan topik meneladani Rasulullah. Dikatakannya, agar seluruh umat Islam jangan sampai lupa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT agar dapat menambah keimanan. Ia mengisahkan bagaimana Rasulullah SAW merasakan sakit ketika sakaratul maut, padahal ia merupakan kekasih Allah yang ibadah dan keimanannya berkali lipat dari manusia biasa. Maka tidak sepatutnya kita yang tak mampu menyamai Rasulullah dalam segala aspek bersombong diri dan enggan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

WhatsApp Image 2021 05 03 at 9.12.30 PM

“Meneladani Rasulullah itu menjadi kewajiban seluruh umat Islam dalam perilaku hidupnya. Rasulullah itu sedikit dalam bicara, di mana yang menjadi bahan pembicaraannya adalah hal-hal yang merupakan firman Allah dan bermanfaat, sementara manusia itu umumnya sedikit-sedikit bicara,” kata Ustad Bambang.

Bahkan dalam posisi tidurnya pun Rasulullah SAW memiliki adab dan posisi tidur yang khas serta dikenali oleh seluruh malaikat dan membentuk huruf-huruf yang dibaca sebagai Muhammad. Sementara manusia seringkali tidur tanpa adab yang baik, bahkan tanpa mengenakan pakaian sehingga tak berbeda dengan binatang. Ia berharap hal-hal demikian dapat diperbaiki dan mulai mencoba mengikuti kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan Rasulullah.

WhatsApp Image 2021 05 03 at 9.06.10 PM

Seusai tausiah, Rektor USU berbuka puasa dan melaksanakan salat magrib dan salat tarawih bersama dengan seluruh jajaran Sekretariat Universitas Sumatera Utara. Di sela makan bersama, Dr Muryanto juga beramah-tamah dengan Sekretariat Universitas Sumatera Utara dan para pimpinan kantor yang hadir dalam kesempatan itu. (RJ)

PetaIkonikUSU