MEDAN, HUMAS - Bank Sumut sebagai bank daerah menyatakan kesiapannya dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di bawah kepemimpinan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin, SSos, MSi.

Hal itu ditegaskan dalam audiensi lanjutan penjajakan kerja sama antara USU dengan Bank Sumut, Kamis (6/5) di Ruang Rapat Rektor Biro Administrasi USU.

Rektor Dr Muryanto Amin didampingi Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, MHum, menegaskan USU akan menyiapkan mahasiswa-mahasiswa yang disesuaikan dengan portofolio Bank Sumut.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.50.17 PM

"Harapannya sesudah diberi materi perkuliahan ada tindak lanjutnya, misalnya bisa magang di Bank Sumut atau bahkan setelah lulus bisa bekerja juga di sana," ujar Dr Mury.

Selain itu, rektor juga berharap Bank Sumut mendukung program UMKM yang digagas oleh para mahasiswa. USU sendiri telah menyiapkan katalog produk-produk mahasiswa yang dinilai mampu bersaing di pasar.

"USU sendiri juga membuka peluang untuk membeli produk-produk itu. Namun ada kendala di birokrasi keuangannya. Barang yang dibeli tidak bisa langsung dibayarkan," ujarnya.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.50.17 PM 1

Sementara, UMKM sendiri butuh sumber pendanaan modal untuk terus produksi. "Jadi bisa tidak kira-kira Bank Sumut membuat skema pembiayaan dana talangnya," ujar Dr Mury.

Menanggapi pernyataan rektor, Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto menyambut baik ide rektor terkait dana talangan tersebut.

"Ini cocok sekali, tentu dana talangan ini bisa kita lakukan. Apalagi USU yang akan menjamin produk-produk UMKM mahasiswa dipakai di internal kampus," ujarnya.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.50.21 PM

Bank Sumut, imbuhnya, juga siap membantu program lainnya selain pengembangan UMKM dan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Sinergitas antardua lembaga diharapkan terus ditingkatkan dalam kerja sama yang lebih luas lagi.

Turut hadir dalam acara Komisaris Bank Sumut Syahruddin Siregar, Direktur Bisnis dan Syariah Irwan dan Pinca Bank Sumut Iskandar Muda Armin Syahdin Kaban.

PetaIkonikUSU