MEDAN, HUMAS - Universitas Sumatera Utara (USU) bersama Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA) sepakat menjalin kerja sama riset dan pembelajaran terkait “blue economy”.

Blue economy atau ekonomi Biru merupakan pemanfaatan berkelanjutan sumber daya laut untuk pertumbuhan ekonomi, peningkatan mata pencaharian dan pekerjaan, serta kesehatan ekosistem laut.

“Saya senang sekali bisa berkenalan dengan INAMPA, dan sepakat bahwa penguatan riset blue economy yang saat ini sedang digalakkan pemerintah bisa kita kerjasamakan,” ujar Rektor USU Dr Muryanto Amin saat bertemu dengan President INAMPA Pasoroan Herman Harianja, Kamis (6/5) di Ruang Rapat Rektor, Biro Administrasi USU.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.52.18 PM

INAMPA sendiri merupakan organisasi profesi pandu yang mengelola keselamatan, dalam hal ini keselamatan Pelayanan. Secara spesifik, pemanduan adalah pekerjaan pandu dalam memberikan masukan (advice) kepada nakhoda kapal dalam hal bernavigasi untuk keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim.

Dr Mury mengatakan, dalam konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka, USU akan memanggil para profesional di bidangnya. INAMPA diharapkan bisa menjadi mitra strategis USU dalam penerapan program Kampus Merdeka.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.52.19 PM 1

“Saya minta lanjutan dari ini kita buat FGD-nya. Materi-materi apa saja yang dibutuhkan mahasiswa dan bagian apa saja yang bisa disiapkan INAMPA untuk memberi materi. Jadi selain riset, juga ada kuliah umum yang terspesifik di bidang kemaritimin,” ujarnya.

President INAMPA, Pasoroan Herman Harianja menjelaskan, kedatangannya ke USU adalah sebagai bentuk sense of belonging dirinya. Ia mengaku sering membaca aktivitas Rektor USU Dr Muryanto Amin.

“Ini luar biasa, rektor muda dan kita berkomitmen untuk membantu bagaimana USU bisa berlari kencang,” ujarnya.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.52.21 PM

INAMPA sendiri ujarnya merupakan organisasi profesi dengan keanggotaan lebih kurang 1.250 pembina pandu. Pihaknya megaku siap memberikan literasi terkait kemaritiman, khususnya kepada para fresh graduate yang berminat menggeluti dunia navigasi dan kemaritiman.

Herman menegaskan sangat antusias datang bersilaturahmi karena melihat banyak program-program Dr Muryanto Amin yang positif membawa USU lebih maju.

“Bapak Mury adalah aset negara, semoga sehat-sehat dalam menjalankan aktivitas,” ujar Herman yang pada kesempatan itu memberikan Dr Mury cinderamata.

WhatsApp Image 2021 05 06 at 3.52.23 PM

Turut hadir dalam audiensi, Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, MHum, DPP INAMPA Capt Jonni Sitompul, DPC INAMPA Capt Khairuddin. (BR)

PetaIkonikUSU