MEDAN-HUMAS USU: Pasca mendapatkan informasi kelulusan dari kelima program studi tersebut, Universitas Sumatera Utara (USU) melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan dan Unit Pengembangan Pendidikan, bergerak cepat melakukan tindak lanjut rencana pelaksanaan program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) dari masing-masing Program Studi.

Pertemuan secara virtual dari 23 April hingga 6 Mei 2021 digelar sebagai wadah untuk membahas persiapan program tersebut. Turut hadir dalam pertemuan itu oleh Wakil Rektor I USU, Dr Edy Ikhsan, SH, MHum, Ketua Unit Pengembangan Pendidikan USU, Prof Dr Dwi Suryanto, MSc, Sekretaris Unit Pengembangan Pendidikan USU, Ely Hayati Nasution, SSi, MSi, serta Wakil Dekan I, Ketua serta Sekretaris Program Studi pemenang Program tersebut.

WhatsApp Image 2021 05 10 at 4.18.56 PM

Disebutkan dalam pertemuan itu bahwa kunci dalam keberhasilan Program MB-KM pada sebuah perguruan tinggi adalah keberanian Program Studi dalam menjawab tantangan Pendidikan tinggi yang bersifat fleksibel. Penyusunan kurikulum yang bersifat adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada Pendidikan tinggi menjadi suatu hal yang penting.

Masing-masing program studi diminta untuk memaparkan rancangan pelaksanaan Program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi MB-KM. Selain itu, setiap program studi juga menginformasikan linimasa serta target yang akan dicapai  dalam mengikuti program ini. Ke depannya, UPP USU dan Biro Akademik dan Kemahasiswaan akan terus melakukan kordinasi dengan seluruh pihak yang terlibat, khususnya program studi pemenang Program MB-KM agar ke depannya dapat menjadi contoh bagi program studi lain di lingkungan Universitas Sumatera Utara

Sebelumnya, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuka penerimaan proposal Program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada tanggal 24 Februari 2021 dalam rangka mendorong serta mempercepat implementasi program MB-KM pada seluruh program studi di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

WhatsApp Image 2021 05 10 at 4.19.00 PM

Pada kesempatan itu, USU mengirimkan 10 Program Studi untuk mengikuti Program tersebut. Tanggal 15 April 2021, melalui website Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi diumumkan 5 program studi di lingkungan USU berhasil lolos pendanaan Program Kerjasama Kurikulum Implementasi MB-KM. Kelima program studi tersebut adalah S-1 Agribisnis, S-1 Biologi, S-1 Fisika, S-1 Kimia dan S-1 Teknik Kimia.

Kemendikbud melalui surat edarannya menyatakan akan mengundang perwakilan tim pengusul dari program studi yang didanai untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) Program Bantuan Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi MB-KM yang akan diinformasikan berikutnya. (RR)

PetaIkonikUSU