MEDAN : Kunci dalam keberhasilan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) pada sebuah perguruan tinggi adalah keberanian program studi dalam menjawab tantangan pendidikan tinggi yang bersifat fleksibel. Penyusunan kurikulum yang bersifat adaptif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi pada pendidikan tinggi menjadi suatu hal yang penting. Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi membuka penerimaan proposal Program Kerja Sama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada tanggal 24 Februari 2021, dalam rangka mendorong serta mempercepat implementasi program MB-KM pada seluruh program studi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Universitas Sumatera Utara mengirimkan 10 program studi untuk mengikuti program tersebut. Pada tanggal 15 April 2021, melalui website Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi diumumkan 5 program studi di lingkungan Universitas Sumatera Utara berhasil lolos pendanaan Program Kerja Sama Kurikulum Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kelima program studi tersebut adalah S-1 Agribisnis, S-1 Biologi, S-1 Fisika, S-1 Kimia dan S-1 Teknik Kimia.

kski 1

Setelah mendapatkan informasi kelulusan dari kelima program studi tersebut, USU melalui Biro Akademik dan Kemahasiswaan dan Unit Pengembangan Pendidikan, bergerak dengan cepat melakukan tindak lanjut rencana pelaksanaan program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari masing-masing program studi.

Kegiatan dihadiri Wakil Rektor I Universitas Sumatera Utara, Dr Edy Ikhsan, SH, M Hum, Ketua Unit Pengembangan Pendidikan USU Prof Dr Dwi Suryanto, M Sc, Sekretaris Unit Pengembangan Pendidikan USU Ely Hayati Nasution, S Si, M Si, Wakil Dekan I dari setiap fakultas pemenang Program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan ketua serta sekretaris program studi pemenang program tersebut. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 23 April 2021 dan 06 Mei 2021.

kski 2

Pada kegiatan tersebut, masing-masing program studi diminta untuk memaparkan rancangan pelaksanaan Program Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Selain itu, setiap program studi juga menginformasikan linimasa serta target yang akan dicapai  dalam mengikuti program ini. Ke depannya, UPP USU dan Biro Akademik dan Kemahasiswaan akan terus melakukan kordinasi dengan seluruh pihak yang terlibat, khususnya program studi pemenang Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM) agar ke depannya dapat menjadi role model bagi program studi lain di lingkungan Universitas Sumatera Utara. (Release)

PetaIkonikUSU