MEDAN - HUMAS USU : Anggota Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sumatera Utara (USU) Hj Reni Sitawati Siregar, SE memberikan bantuan 40 unit laptop untuk pengembangan Laboratorium Bahasa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang diterima Dekan FIB Dr Thyrhaya Zein, MA di Ruang Rapat FIB USU, Senin (23/5).

Turut menyaksikan penyerahan laptop Wakil Rektor III Dr Poppy Anjelisa Z Hasibuan, MSi dan Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing MP beserta Wakil Dekan I Prof Mauly Purba, Wakil Dekan II Heristina Dewi, MPd, Wakil Dekan III Mhd Pujiono, PhD dan Dekan FIB periode 2015-2020 Dr Budi Agustono serta Sales Manager PT Datascript Azhari Wibowo SSi.WhatsApp Image 2021 05 24 at 12.29.15 PM 1

Reni Sitawati yang juga CEO perusahaan jasa logistik NCS dalam sambutannya berharap bantuan yang diberikan bisa mengembangkan laboratorium di FIB USU. Bantuan ini juga turut menggandeng PT Datascript, perusahaan multinasional yang bergerak di bidang distribusi alat-alat perkantoran.

“Saya pesan kepada Ibu Dekan dan Pak Luhut serta Ibu Poppy agar bantuan yang diberikan maksimal segera dipasang perangkatnya dan instalasinya. Ini kan yang saya beri hanya unit, jadi perlu dipasang perangkatnya agar bisa digunakan,” ujar Hj Reni yang sebelumnya merupakan Ketua Dharma Wanita FIB USU.

Ia juga menjelaskan bahwa semua harus mampu berkolaborasi untuk membantu program kerja Rektor Dr Muryanto Amin. “Saya sangat apresiasi konsep dan pemikiran Rektor Muryanto Amin dalam upaya internasionalisasi USU, nah ini saya membantu apa yang bisa saya bantu,” ujarnya.

WhatsApp Image 2021 05 24 at 12.29.16 PM

Tidak hanya laboratorium FIB USU, Hj Reni juga berencana untuk membantu pengembangan laboratorium Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Ia menilai laboratorim fakultas merupakan indikator dari keberhasilan lulusan.

“Kalau labnya bagus, pasti fakultasnya bagus. Jadi pola kerja sama ini saya minta untuk ditingkatkan. USU akan maju bila kita semua saling bersinergi,” tegasnya.

WhatsApp Image 2021 05 24 at 12.29.14 PM 1

Wakil Rektor V Luhut Sihombing, MP mengapresiasi bantuan dari Anggota MWA Hj Reni Sitawati. Ia berharap kolaborasi terus berlanjut dan berjanji akan menindaklanjuti perangkat lunak dan kelengkapan lainnya agar laptop yang diberikan bisa segera digunakan secara maksimal.

“Ada namanya konsep pentahelix, di mana unsur pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media bersatu untuk menggali potensi yang ada. Jadi konsep ini, kolaborasi ini sangat baik untuk terus ditingkatkan,” ujarnya.

WhatsApp Image 2021 05 24 at 12.29.17 PM

Luhut juga meminta kepada Dekan FIB USU untuk merawat dan menjaga sumbangan laptop yang sudah diberikan. “Jadi perlu juga dipikirkan perawatannya bagaimana, jangan gift and forget, sudah diberi lalu dilupakan begitu saja. Ini kan perlu perawatannya, jadi saya titip aset ini untuk digunakan dan dirawat,” tegasnya.

Dekan FIB USU Dr Thyrhaya Zein berterimakasih atas bantuan Hj Reni Sitawati Siregar dan juga dekan sebelumnya, Dr Budi Agustono yang telah menginisasi bantuan serta merelisasikannya.

WhatsApp Image 2021 05 24 at 12.29.18 PM 1

“Bantuan ini tentu sangat baik untuk pengembangan fakultas, khususnya dalam optimalisasi peran laboratorium bahasa dalam menciptakan lulusan yang ahli di bidang penerjemahan,” katanya.

Dekan mengatakan dengan bantuan yang diberikan Hj Reni Sitawati, peran Laborarium Bahasa FIB USU ke depan akan lebih ditingkatkan. Termasuk sebagai tempat latihan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing).

“Laborotarium Bahasa juga akan diisi dengan perangkat multimedia sehingga internasionalisasi kampus sebagaimana yang dicanangkan dalam Renstra USU bisa segera terwujud,” tegasnya.

WhatsApp Image 2021 05 24 at 12.29.18 PM 2

Dr Thyrhaya juga berharap kolaborasi yang selama ini sudah terjalin dapat terus ditingkatkan sehingga program-program fakultas mampu berjalan maksimal.

PetaIkonikUSU