MEDAN : Unit Pengembangan Pendidikan (UPP) USU bekerjasama dengan Kantor Urusan Internasional (KUI) USU mengadakan sosialisasi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021 pada hari Jumat, 30 April 2021. Sosialisasi ditujukan untuk memberikan arahan bagi seluruh mahasiswa USU program studi sarjana yang berminat untuk memperoleh kesempatan menempuh pendidikan di perguruan tinggi luar negeri terkemuka selama satu semester.

Ketua UPP USU, Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc mengatakan bahwa IISMA merupakan bagian dari program Ditjen Dikti Kemendikbud untuk percepatan implementasi program MBKM dalam skala internasional. Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan program IISMA perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak di universitas.

wr 1

Wakil Rektor I USU Dr. Edy Ikhsan, S.H., M.Hum dalam arahannya saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kesempatan belajar di universitas kelas dunia tidak boleh dilewatkan karena mahasiswa akan memperoleh pengalaman kuliah dengan suasana akademik yang berbeda, membuka peluang untuk membangun persahabatan dan kerjasama dengan sivitas akademika dari berbagai bangsa. Dalam arahannya, WR I juga mangapresiasi kolaborasi Tim UPP USU dan KUI USU dalam menebarkan semangat untuk meraih prestasi (Needs of Achievement) di lingkungan Universitas Sumatera Utara. WR I berharap UPP dapat terus bersinergi bersama KUI USU dalam sejumlah program terkait kerjasama internasional.

wr 1 2

Pada acara tersebut hadir Ketua KUI USU, Dr. Esther Nababan, M.Sc yang menjadi narasumber sosialisasi program IISMA 2021 dan sekretaris UPP USU, Ely Hayati Nasution, S.S., M.Si sebagai moderator. Narasumber menjelaskan bahwa program IISMA 2021 merupakan bagian dari pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud. Program ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengikuti kuliah selama 6 bulan di perguruan tinggi luar negeri dengan biaya ditanggung pemerintah. Tujuan dari program ini adalah untuk memperluas wawasan mahasiswa, meningkatkan peluang, membangun jaringan internasional, dan kesempatan untuk mengambil kelas sesuai passion. Lebih lanjut beliau menambahkan, bahwa mahasiswa yang akan mengikuti program IISMA 2021 tidak perlu khawatir akan kehilangan masa studi, karena sudah ada sistem yang menjamin pengakuan kredit dari perguruan tinggi luar negeri. Pada kesempatan ini, Sekretaris KUI USU, Dr. Pramio Sembiring juga membagikan pengalamannya berkuliah di luar negeri. Beliau menyebutkan bahwa ada dua hal yang dapat diperoleh saat menempuh studi di luar negeri, yakni peningkatan rasa percaya diri dan kesempatan untuk membangun relasi. Ketua UPP USU, Prof. Dr. Dwi Suryanto, M.Sc pada penutupan acara mengajak mahasiswa untuk dapat berpartisipasi karena USU sangat mendukung dan berharap akan banyak mahasiswa yang nantinya akan lulus dalam program ini.

wr 1 3

Diharapkan lebih dari 300 mahasiswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini dapat segera melengkapi persyaratan yang diminta untuk selanjutnya mengikuti tahapan seleksi internal di lingkungan Universitas Sumatera Utara. Jika dinyatakan lulus, maka UPP USU akan memberikan pendampingan intensif kepada mahasiswa agar nantinya berhasil mengikuti program IISMA 2021. Bagi mahasiswa yang membutuhkan informasi lebih lanjut disarankan untuk mengunjungi website dan media sosial UPP USU dan KUI USU.

wr 1 4

 

PetaIkonikUSU