MEDAN-HUMAS USU: Penelitian sebagai salah satu amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi modal penting bagi Universitas Sumatera Utara (USU) untuk meningkatkan pemeringkatan. Penelitian yang berujung pada publikasi ilmiah menjadi indikator yang digunakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) dalam menentukan peringkat perguruan tinggi.

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, menyebutkan perkembangan di dunia penelitian dan publikasi ilmiah berkembang dengan pesat dari waktu ke waktu. Kebutuhan manusia yang semakin beragam menuntut dunia pendidikan untuk mampu menjawab persoalan yang muncul di kehidupan manusia itu sendiri.

WhatsApp Image 2021 06 03 at 6.00.13 PM 2

“Pola penelitian dan publikasi ilmiah saat ini sudah berkembang pesat. Saat ini kita sebenarnya sudah mempunyai tugas baru, yaitu melakukan komersialisasi serta hilirisasi produk penelitian serta publikasi ilmiahnya,” sebutnya saat Rapat Koordinasi Penelitian dan Publikasi Ilmiah di Ruang Rapat Senat Akademik, Biro Pusat Administrasi USU, (Kamis/3/6/2021).

Menurutnya, USU saat ini perlu untuk meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiahnya. Komersialisasi dan hilirisasi penelitian sebenarnya sudah diterapkan oleh perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa. Namun, hal ini baru saja akan dimulai di USU.

“Sebenarnya komersialisasi dan hilirisasi produk penelitian ini sudah dilaksanakan dalam lima tahun terakhir di perguruan tinggi di Jawa. USU ketinggalan dalam hal ini. Kita masih saja baru mau masuk ke tahap tersebut. Selama ini kita berfokus agar publikasi ilmiah kita banyak masuk ke Scopus, maka kita harus bergeser untuk masuk ke komersialisai dan hilirisasi ini,” tambahnya.

WhatsApp Image 2021 06 03 at 6.00.13 PM 3

Komersialisasi dan hilirisasi penelitian serta publikasi ilmiah menjadi barang baru di USU, sehingga menurutnya, perlu strategi yang tepat untuk menyalurkan semangat ini ke seluruh civitas akademika yang ada di USU.

“Perlu ada serangkaian treatment bagaimana memotivasi para dosen untuk bergairah melakukan penelitian dan publikasi ilmiah, terutama untuk mendukung program komersialisasi serta hilirisasi ini. Segala hambatan yang sudah kita catat di sini harus kita review kembali untuk mendapatkan solusi yang tepat,” ujar Rektor USU.

Ia menekankan agar seluruh potensi yang dimiliki oleh USU dapat dimaksimalkan untuk mensukseskan program tersebut. Keseriusan dan kerja keras dari seluruh pihak terkait menurutnya menjadi motor untuk mendorong kesuksesan program itu.

WhatsApp Image 2021 06 03 at 6.00.13 PM 4

“Rumuskan timeline, planning, serta susun bagaimana penggunaan anggarannya. Upaya ini harus kita lakukan secara serius dan sungguh-sungguh. Seluruh pihak terkait harus memberikan perhatian dan kontribusi atas hal ini,” katanya.

Ia menyebutkan sebagai salah satu upaya untuk mensukseskan program tersebut dengan mengubah pola riset yang ada di USU selama ini. Panduan penelitian yang ada di USU menurutnya harus dapat mengadaptasi keperluan dan perkembangan zaman.

“Pola riset perlu diubah. Kita di USU punya format TALENTA, dan ini harus kita tinjau kembali. Kita mendorong agar research group itu lebih kita tonjolkan. Kita harus membiasakan dosen untuk dapat bekerja sama dengan dosen lain yang berbeda latar belakang dalam sebuah group of research. Jika research group ini optimal, maka tahun depan kita sudah bisa tumbuhkan pusat kajian,” ujar Muryanto Amin.

WhatsApp Image 2021 06 03 at 6.11.27 PM

Ada banyak lembaga asing yang bersedia untuk memberikan dana hibah penelitian sebut Rektor USU. Maka dengan berdirinya pusat kajian tersebut akan menjadi wadah untuk dana hibah tersebut. Oleh karenanya, ia menekankan agar research group tersebut dioptimalisasi.

Selain itu, ia juga memberikan pendapat USU kedepannya harus melakukan sistem pendampingan untuk meningkatkan motivasi dosen USU melakukan penelitian. Menurutnya, terkadang dosen berminat tapi memerlukan pendampingan agar penelitiannya semakin tajam.

“Kita harus terapkan sistem pendampingan. Pendampingan ini banyak manfaatnya. Misalnya satu professor menjadi pendamping beberapa dosen, outputnya semua dosen tersebut akan menjadi professor. Ada format pendampingan dosen yang berpengalaman untuk memotivasi dosen lain melakukan publikasi ilmiah, ini semua harus kita lakukan,” ujar Rektor USU.

WhatsApp Image 2021 06 03 at 6.00.13 PM 5

Rektor USU menutup sambutannya dengan menghimbau agar seluruh pihak terkait memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki USU, serta memanfaatkan semua kesempatan untuk meningkatkan penelitian dan publikasi menuju komersialisasi dan hilirisasi.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III, Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan, S Si, M Si, Apt, Ketua dan Sekretaris Lembaga Penelitian USU Prof Dr Robert Sibarani, dan Prof Dr Syafruddin Ilyas M Biomed, para Staf Ahli Rektor beserta jajaran. (RR)

PetaIkonikUSU