MEDAN-USU: Olimpiade Sains Nasional (OSN) PERTAMINA merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/ PTS di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi. Kompetisi ini telah berlangsung setiap tahun dan diselenggarakan berturut-turut sejak tahun 2008. Sejak awal dimulainya sampai saat ini, model dan sistem kompetisi terus secara dinamis mengalami penyempurnaan.

olimpiade sains 1PT. Pertamina (Persero) didukung oleh Perguruan Tinggi di seluruh provinsi di Indonesia kembali menyelenggarakan OSN Pertamina yang ke-8 kalinya. Namun, penyelenggaraan OSN Pertamina tahun 2015 diharapkan dapat melanjutkan estafet program sobat bumi dalam mencetak generasi muda berprestasi yang mampu berkarya membangun negeri. Ada empat bidang studi yang dilombakan, yaitu: Matematika, Fisika, Bilogi dan Kimia.

 

Kompetisi yang secara wilayah terbagi menjadi 10 regional ini, pada tahun ini memilih USU menjadi tuan rumah bagi seleksi di Regional I yang terdiri dari Provinsi NAD, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepulauan Riau.

olimpiade sains 5Dekan Fakultas MIPA USU, Dr. Sutarman, M.Sc selaku PIC dalam perhelatan ini, Kamis (15/10/2015) di Gedung Auditorium USU menjelaskan, acara ini diikuti oleh mahasiswa PTN dan PTS se- Sumatera Utara. Terdapat dua kategori di ajang ini, yaitu: kategori teori dan kategori poster proyek sains, dengan jumlah total peserta 648 orang dengan target 650 orang. Ditambahkan, juara pertama dari setiap bidang ilmu akan mewakili Regional I untuk kembali berkompetisi di level nasional dan bersaing dengan sembilan regional lainnya.

olimpiade sains 3Penyempurnaan pada kompetisi kategori teori yang telah dilakukan di OSN tahun 2013, akan diterapkan lagi di tahun ini. Pada tahun ini kategori teori membidik mahasiswa berprestasi dari setiap bidang di lintas provinsi yang dikelompokkan dalam suatu region untuk dapat berkompetisi secara nasional. Disamping itu diberikan juga kesempatan bagi mahasiswa berprestasi di setiap provinsi. Sehingga unsur prestasi dan kesempatan bagi setiap mahasiswa di seluruh Indonesia tetap menjadi prioritas.

olimpiade sains 2Hadir dalam acara ini mewakili pihak PT. Pertamina (persero), External Relation Marketing Operation Region I Sumbagut, Brasto Galih Nugroho yang menyampaikan rasa bangganya dengan tingginya animo mahasiswa utnuk mengikuti kompetisi ini. Ia juga menyampaikan harapannya semoga akan lahir juara dari Regional I ini yang kemudian bisa menjadi ilmuwan yang produktif bagi bangsa. Ia juga berharap kompetisi ini dapat mendorong lahirnya generasi yang inovatif, sehingga dapat menjadi tulang punggung dan penompang kemandirian bangsa di masa depan, agar bangsa Indonesia lebih mampu bersaing di era globalisasi. Turut hadir pula dari PT. Pertamina pusat Jakarta, Fitri Erika.

olimpiade sains 4Dr. Sutarman juga menambahkan, peserta dalam acara ini tidak dipungut biaya pendaftaran dan terbuka untuk setiap mahasiswa yang berminat dari berbagai program studi dan jenjang semester. Juara di masing-masing bidang studi selain akan mendapatkan kesempatan mewakili Regional I di Jakarta, juga akan mendapat hadiah berupa uang tunai.

 

Universitas yang ikut berpastisipasi antara lain: USU, UNIMED dan DELL. Dalam kompetisi ini Universitas Indonesia dipercaya sebagai koordinator nasional. (humas)

PetaIkonikUSU