Medan-USU: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) menjadi juara umum pada Indonesian Medical Olympiad 2014 yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) 27 November-1 Desember 2014. Kegiatan yang diadakan di kampus Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat diikuti tidak kurang dari lima ratus orang mahasiswa kedokteran yang berasal dari 62 universitas negeri dan swasta di Indonesia.

Olympiade FK 1Olimpiade ini mempertandingkan enam cabang keilmuan kedokteran. FK USU mengirimkan 12 orang delegasi yang terdiri dari Fannie Rizki Ananda dan Tania Silvia Alexandra pada cabang kardiorespirasi, Lia Octavia dan Zendy Choa pada cabang digestif, M. Auzan Hindami dan Herlina Silvani Purba Tambak pada cabang urogenitoreproduksi, Stephen Andrianus dan Enri Richard pada cabang infeksi, Golda Asina Miranda dan Rio Try Saputra pada cabang neuropsikiatri, serta Ferry Fhrans dan Jenny Howard pada cabang muskuloskeletal. Menurut keterangan, persiapan intensif yang dilakukan selama kurang lebih empat bulan untuk berpartisipasi dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun ini, Tim FK USU meraih dua medali emas dari cabang Kardiorespi dan Genitoreproduksi, serta dua medali perunggu dari cabang digestif dan muskuloskeletal.

Olympiade FK 2Dalam perlombaan ini, delegasi diharuskan melewati berbagai tahapan lomba mulai dari tes tertulis dan praktikum pada babak penyisihan, kemudian tes tertulis semifinal dan skill klinis pada babak semifinal, diakhiri dengan babak final cepat tepat dan presentasi kasus klinis, untuk kemudian diperoleh 3 besar peraih medali dengan berbagai tahapan metode. Prestasi ini, menurut Fannie Rizki Ananda, salah satu delegasi FK USU, Senin (8/12) menyatakan, keberhasilan mereka raih tidak lepas dari usaha keras dan bimbingan para dosen yang sudah rela meluangkan waktu membimbing mereka. M. Auzan Hindami, salah satu delegasi FK USU lainnya menambahkan, prestasi ini sangat menggembirakan karena usaha dan doa yang selama ini dilakukan dapat terbayarkan dan prestasi ini harus menjadi semangat untuk delegasi FK USU untuk IMO 2015 di Universitas Hassanudin, Makassar, Sulawesi Selatan agar dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Meski pada ajang ini terdapat dua tim yang keluar sebagai juara umum, yakni FK USU dan FK UGM dengan perolehan poin yang sama, namun delegasi mengaku bangga karena timnya mendapat paling banyak medali serta paling banyak maju ke tahap semifinal dan final pada cabang-cabangnya.

 

Sebelumnya FK USU juga mendulang prestasi pada ajang serupa tingkat Sumatera, Regional Medical Olympiad 2014, yang diselenggarakan ISMKI wilayah I. Dari keempat cabang yang dilombakan, mereka meraih tiga emas dan satu perak. (ori/humas)

PetaIkonikUSU