Ujian tulis untuk jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (UMB-PTN), yang diselenggarakan Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) tahun 2010 dilaksanakan hanya satu hari tepatnya pada Sabtu, 22 Mei 2010. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana untuk jalur ini dilaksanakan selama dua hari.

 

Ketua panitia lokal UMB-PTN Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Sumono, menyebutkan, perampingan waktu ujian UMB-PTN yang menjadi hanya satu hari akan sangat efesien bagi para peserta khususnya yang berasal dari luar daerah. Mereka tidak perlu berlama-lama lagi untuk tinggal di Medan dalam mempersiapkan ujiannya sehingga dapat menghemat biaya akomodasi dan lainnya.

 

Dijelaskan, tahapan UMB-PTN Tahun 2010 berlaku secara serentak, dan bersamaan untuk 12 perguruan tinggi peserta di seluruh Indonesia. Jadwal Kegiatan UMB-PTN diawali dengan pembayaran di Bank BNI, dimulai 22 Februari s/d 19 Mei 2010. “Pendaftaran online dimulai 12 April s/d 19 Mei, Ujian Tulis 22 Mei (Sabtu), sedangkan pengumuman untuk hasil ujian tulisnya dijadwalkan pada 8 Juni 2010,” katanya.

 

Mengenai biaya formulir untuk UMB-USU tahun ini tidak mengalami kenaikan, karena berdasarkan informasi dari panitia pusat harga untuk formulir kelompok IPA/IPS masih tetap Rp200 ribu demikian juga untuk kelompok IPC Rp225 ribu. Untuk informasi lebih lengkap dapat diakses pada website http://www.usu.ac.id/umb.html atau di http://www.spmb.or.id. Melihat jumlah peserta UMB pada tahun lalu yang berkisar 28 ribu peserta, saat ini panitia lokal USU tengah mempersiapkan 3 sektor lokasi ujian, yang berada di kawasan kampus USU dan sekitarnya dengan melakukan menambah kapasitas atau daya tampung tempat ujian hingga mencapai 31 ribu lebih peserta.

 

Perguruan Tinggi Negeri peserta UMB tahun 2010 bertambah dari 7 menjadi 12 Perguruan Tinggi. Masing-masing adalah Unsyiah, Unimal, USU, Unand, UNP, UNJA, UI, UNJ, UIN Jakarta,UIN Makasar, Universitas Palangkaraya, Universitas Negeri Semarang. “Dengan 13 fakultas yang dimiliki, USU menawarkan 46 program studi S-1 reguler untuk kelompok IPA dan IPS. Melalui jalur ini, USU akan menseleksi sebanyak 2.347 calon mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2010/2011 dengan biaya SPP bersubsidi,” katanya. (vie/humas)

PetaIkonikUSU