Rabu, 31 Maret 2010 merupakan hari bersejarah Universitas Sumatera Utara. Prof. dr. Syahril Pasaribu, DTMH, (CTM), Sp.Ak dilantik sebagai Rektor USU menggantikan Prof. Chairuddin P. Lubis, DTMH, DSAk yang selain telah berakhir masa tugasnya sebagai rektor selama 15 tahun juga telah memasuki masa pensiun sebagai PNS di Fakultas Kedokteran USU. Pelantikan dilakukan oleh ketua Majelis Wali Amanat USU Bapak Joefly Bahroeny.

 

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Yang mewakili Menteri Pendidikan Nasional Dr. Wukir Ragil, SH, M.Ed, staf ahli Mendiknas bidang Hukum dan Sosial, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, Syamsul Arifin, SE dan Ir. Gatot Pujonugroho. Para Muspida Tk. I Sumut, tokoh masyarakat Ir. Akbar Tanjung, Rektor Umimed, Prof. Syawal Gultom, Rektor IAIN, Prof. Nur A. Fadhil Lubis, para pembantu Rektor, Dekan di lingkungan USU, Ketua dan anggota Wali Amanat, ketua dan anggota Senat Akademik dan Guru Besar serta seluruh undangan yang berasal dari berbagai kalangan.

 

Ketua MWA Joefly Bahroeny dalam sambutannya mengatakan bahwa Rektor USU yang baru agar dapat memimpin dengan baik, terutama mengantarkan USU menuju Badan Hukum Pendidikan Pemerintah (BHPP) sesuai Undang-Undang (UU) No 9/2009 tentang BHPP.

 

Bagi USU yang sebelumnya berstatus Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT BHMN), transformasi dan penyesuaian tatakelola sebagai BHPP paling lambat pada 2012. Selain itu, sesuai Permendiknas, naskah perubahan Peraturan Pemerintah (RPP) BHPP dari USU BHMN harus sudah rampung Juni 2010.

 

Di samping menyatakan MWA telah menetapkan kebijakan umum sebagai pedoman perencanaan dan penyelenggaraan universitas, Joefly Bahroeny juga menyatakan, MWA akan menjalankan fungsi pengawasan terhadap pelaksanaan tugas Rektor USU terpilih. Ia juga mengharapkan agar rektor terpilih dapat mewujudkan seluruh isu pokok program kerja yang diusung. Program itu antara lain penuntasan proses transformasi menuju universitas otonom dan akuntabel, serta peningkatan reputasi universitas menuju "national achievement with global reach".

 

Diakui, dibutuhkan kerja sama semua pilar penting USU, seperti MWA, pimpinan universitas dan jajarannya, senat akademik, dewan guru besar, dan dewan audit. MWA USU mengajak semua organ universitas menempatkan peran dan tanggung jawab masing-masing secara optimal dengan mengindahkan interaksi dan kerja sama yang baik. Ketua MWA USU juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas pengabdian Prof. Chairuddin P. Lubis yang telah mendedikasikan dan berperan besar antara lain meletakkan landasan kokoh transformasi USU BHMN menjadi BHPP, dan telah menanam tunas-tunas keberhasilan universitas ini. (vie)

PetaIkonikUSU