IBM Indonesia berkunjung ke kampus USU dan menggelar seminar sehari dengan topik Optimizing Information Technology to build a Smarter Planet an Introduction to IBM Solution Portfolio pada Selasa, 23 Februari 2010 di gedung Perpustakaan Kampus USU. Kegiatan dimaksud untuk sharing kepada mahasiswa, dosen dan pemerhati bidang TI di USU. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi sebagai pendukung utama lajunya pertumbuhan berbagai sektor industri, dewasa ini kebutuhan akan sumber daya yang terampil di bidang TI pun semakin meningkat. Untuk meperkaya wawasan mereka terhadap teknologi terkini yang saat ini banyak diaplikasikan di dunia bisnis dan industri serta memperkenalkan lebih dekat portfolio solusi teknologi yang dimiliki oleh IBM. Hadir dalam acara tersebut, Drs. A. Ridwan Siregar, M.Lib Kepala Sistem Informasi dan Perpustakaan, Prof. M. Zarlis, Ketua Prodi Ilmu Komputer, dosen-dosen TI di lingkungan USU, Roy Simangunsong, Mid Market Manager PT IBM Indonesia, dan para mahasiswa IT USU.

 

Beberapa materi yang disampaikan antara lain:

Building a Smarter Planet - an IBM Approach
Topik ini membahas inisiatif IBM untuk membantu dunia industri menjadi lebih 'cerdas' dengan implementasi teknologi informasi yang tepat. Hal ini dipacu oleh beberapa peubahan mendasar yangs aat ini sedang berlangsung. Di dukung oleh berbagai instrumen teknologi yang memungkinkan terjadinya berbagai inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dengan memperhatikan faktor lingkungan.

 

Introduction to IBM Solution Portfolio under Dynamic Infrastructure
Merupakan pilar dari Building a Smarter Planet yang membahas pentingnya membangun suatu infrastruktur teknologi informasi yang dinamis, disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis industrinya. Beberapa hal yang dapat membatu setiap industri untuk menghemat biaya dan meminimalissir resiko dari segi penerapan IT.

 

Experience IBM Technology (Software Content)
Mengetengahkan beberapa solusi software IBM yang dapat bermanfaat bagi dunia edukasi pada umumnya dan penerapannya di market.

 

International Business Machines Corporation (disingkat IBM; NYSE: IBM) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada 15 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat. Dengan lebih dari 330.000 pegawai di seluruh dunia dan pendapatan US$96 milyar (angka dari 2004), IBM adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, dan salah satu yang terus berlanjut dari abad 19. Dia memiliki teknisi dan konsultan di lebih dari 170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia, di setiap cabang ilmu komputer dan teknologi informasi; beberapa dari mereka adalah pionir di bidang mulai dari komputer mainframe ke nanoteknologi.

 

Mesin-mesin dan produk IBM yang sukses adalah Mainframe dengan sistem 370 (1960an), IBM PC, AS/400 dan RS/6000 (1980an), PowerPC CPU (1990an, bekerja sama dengan Motorola - sekarang Freescale). Dalam tahun-tahun belakangan ini, pendapatan jasa dan konsultasi lebih besar dari produksi. Samuel J. Palmisano dipilih menjadi CEO pada 29 Januari 2002 setelah memimpin Jasa Global IBM, dan menolongnya menjadi bisnis dengan "backlog" US$100 milyar di 2004. Pada 2002 perusahaan ini menguatkan kemampuan nasihat bisnisnya dengan mengambil alih perusahaan jasa konsultan tekemuka PricewaterhouseCoopers. Perusahaan ini terus memfokuskan usahanya di konsultasi jawaban bisnis, jasa dan perangkat lunak, dan juga menekankan chip harga tinggi dan teknologi perangkat keras. Pada 2004 dia mempekerjakan sekitar 191.000 teknisi profesional. Yang termasuk 300-400 Teknisi Terkenal dan 50-60 "IBM fellow", teknisi paling senior. IBM Research memiliki delapan laboratorium riset yang terletak di belahan utara dunia, dengan setengahnya terletak di luar Amerika Serikat. Pegawai IBM telah meraih lima penghargaan Nobel. Di Amerika, mereka juga mendapatkan empat Penghargaan Turing, lima Medali Teknologi Nasional, dan lima Medali Sains Nasional, dan juga banyak lagi di luar Amerika. Pada 1 Mei 2005, divisi PC IBM secara resmi diambil alih oleh perusahaan Republik Rakyat Cina Lenovo. (vie/wikipedia)

PetaIkonikUSU