Medan–USU: Pelaksanaan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sumatera Utara untuk tahun ini dilaksanakan secara kelembagaan, secara terprogram dan terjadwal, sehingga memberikan dukungan sebaik–baiknya bagi keberhasilan kegiatan PKKMB dan tidak ada lagi kegiatan pengenalan atau orientasi lainnya dalam bentuk apa pun dan di tingkat mana pun di seluruh lingkup kampus Universitas Sumatera Utara. Demikian seperti diungkap Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Dr. Runtung, SH, M.Hum sekaligus membuka secara resmi kegiatan PKKMB USU 2017 di Stadion USU pada 24/8/2017.

Pkkmb a
“Penyelenggaraan PKKMB ditujukan untuk menumbuhkan kebanggaan sebagai warga kampus Universitas Sumatera Utara, membangun rasa kebangsaan sebagai pengejawantahan Bhinneka Tunggal Ika, serta untuk mewujudkan manusia Indonesia yang memilki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, Tri Dharma Perguruan Tinggi serta berjiwa Pancasila dengan mengikuti ceramah dan diskus ibukan penggunaan cara kekerasan oleh senior atau tindakan yang bertentangan dengan norma dan tatasusila masyarakat” ungkap Prof Runtung.

Pkkmb b
Hadir dalam acara PKKMB tersebut Asisten Teritorial (Aster) Kasdam I/BB Kolonel Nursamsudin, Para Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Staf ahli Rektor, Dekan dan Wakil Dekan Fakultas di USU, dan Presiden Mahasiswa USU Wira Putra.

 

Dalam sambutan, Aster Kasdam I/BB Kolonel Nursamsudin mengatakan tentang pentingnya peranan mahasiswa untuk menjaga persatuan dan mencintai kebudayaan Indonesia. “Mari kita jaga persatuan di Negara Republik Indonesia ini, kepada kalian para mahasiswa mari isi pembangunan bangsa ini dengan diawali mencintai kebudayaan bangsa Indonesia. Saya begitu prihatin jika melihat generasi bangsa yang lebih mengenal dan mencintai budaya Negara lain dari pada Budaya Bangsanya sendiri. Sebab, dari rasa cinta terhadap bangsa itulah berbagai macam karya dan pemikiran dapat kita sumbangkan untuk pembangunan bangsa Indonesia” Ungkap Kolonel Nursamsudin.

Pkkmb d
Pada tahun 2017 ini, sebanyak 7.995 orang mahasiswa baru mengikuti kegiatan PKKMB USU, demikian seperti yang diungkapkan oleh ketua kegiatan PKKMB USU 2017 M. Husni, SH., M.Hum. “Hari ini, sebanyak 7.995 orang mengikuti kegiatan PKKMB USU. Para mahasiswa tersebut berasal dari 15 Fakultas yaitu 47 program studi jenjang S1 dan 14 program studi dari jenjang Diploma III. Mereka adalah putera puteri terbaik yang telah melewati seleksi dalam persaingan yang sangat ketat mulai dari SNMPTN, SBMPTN, SMM dan SPMPD 2017, dari seleksi dengan persaingan yang ketat tersebut, mereka inilah yang jadi pemenangnya” Ungkap M. Husni.

Pkkmb c
M. Husni juga menjelaskan bahwa acara PKKMB ini nantinya dimulai dari tanggal 24–29 Agustus 2017. “PKKMB USU tahun ini akan berlangsung selama 5 hari, kecuali hari minggu. Para peserta PKKMB nantinya akan dibekali dengan materi Bela Negara dan Cinta Tanah Air melalui ceramah pada setiap Fakultas masing-masing. Agar kegiatan PKKMB lebih bervariasi lagi, para peserta juga nantinya akan diberi kegitan seperti outbond di alam bebas yang juga dikondisikan oleh masing-masing fakultas” demikian M. Husni. (Andi/BKK)

PetaIkonikUSU